Kuala Pembuang Expos55.com Kalangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan meminta kepada seluruh pemerintah desa (pemdes) yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seruyan untuk memperbanyak program pemberdayaan masyarakat desa.

“Kita berharap pemdes itu bisa meningkatkan program yang berkaitan dengan pemberdayaan masyarakat di desanya masing-masing. Karena itu sangat penting,” kata Ketua DPRD Seruyan Zuli Eko Prasetyo, Kamis 28 April 2022.

Diungkapkannya, program pemberdayaan masyarakat mempungai peranan sangat besar dalam rangka meningkatkan pertumbuhan perekonomian masyarakat desa. Tujuan program pemberdayaan masyarakat desa adalah mempercepat penanggulangan kemiskinan melalui pengembangan ekonomi masyarakat.

“Banyak hal yang bisa dilakukan oleh pihak desa terkait dengan program pemberdayaan ini. Misalnya membentuk atau memfasilitasi kelompok-kelompok usaha kecil milik masyarakat di desa tersebut. Dilakukan pengelolaan dan pembinaan agar bagaimana sektor usaha mereka bisa berkembang,” ujarnya.

Selain itu, program dukungan kepada sektor-sektor usaha masyarakat lainnya seperti perkebunan, pertanian atau perikanan dalam skala kecil juga bisa dilakukan. Entah itu melalui bantuan bibit dan lain sebagainya.

“Intinya itu banyak yang bisa dilakukan. Makanya saya harap pemdes bisa memperbanyak program tersebut sebagai salah satu upaya dalam mendukung program ekonomi kerakyatan. Karena memang orientasi utamanya adalah pada peningkatan ekonomi masyarakat itu tadi,” jelasnya.
(MK/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here