Palangkaraya, Expos55.com. Wabah pandemi Covit-19 yang sudah berjalan hampir 2 tahun dan kondisi ini sangat menyulitkan semua orang, tapi kondisi ini harus dijalani dengan segenap upaya, dan aktifitas perekonomian dan aktifitas masyarakat harus terus berjalan.

Bertempat di Aula Bappeda Kalteng, Rabu (30/06/2021) Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) melaksanakan kegiatan penyempurnaan penguatan kelembagaan ormas/LSM tingkat Provinsi Kalteng tahun 2021.

Kegiatan tersebut diikuti 25 Ormas/LSM se Provinsi Kalteng dan diwakilkan hanya 2 orang sesuai aturan pembatasan jumlah mengumpulkan orang, maksimal 50 orang pada masa pandemi Covit-19 denganĀ  tetap menerapkan protokol kesehatan 5 M, yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, membatasi mobilisasi dan interaksi, kemudian peserta yang hadir wajib menunjukan kartu telah melakukan/melaksanakan vaksin.

Dalam pelaksanaan kegiatan yang menjadi nara sumber dari Kemenkumham yang langsung dihadiri oleh Kanwil Kementerian Hukum dan HAM, Kalimantan Tengah Bapak Dr. Ilham Jaya, SH, MH, MPd dengan materi Pengawasan Ormas Berbadan Hukum. Disimpulkan dari pemaparan bahwa ormas berbadan hukum dinyatakan terdaftar setelah mendapat pengesahan menteri, sedangkan ormas tidak berbadan hukum dinyatakan terdaftar setelah mendapatkan SKT ( Surat Keterangan Terdaftar ). Kemudian
Nara sumber kedua Kepala Kesbangpol Provinsi Kalimantan Tengah Bapak Agus Pramono, S. Sos dengan materi Penguatan kelembagaan ormas serta peran ormas dalam pembangunan daerah.

Disimpulkan Organisasi masyatakat bersama dengan komponen masyarakat lainnya, memiliki peranan yang penting dan strategis dalam membantu peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pembangunan daerah. Kemudian keberadaan organisasi kemasyarakatan harus memberi manfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara untuk berpartisipasi dalam pembangunan demi tercapainya tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. (Panca)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here