Sampit Expos55.com Arus mudik di Kota Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) sudah mulai terlihat sejak sepekan terakhir. Bahkan antrean penumpang khususnya yang memilih moda transportasi kapal, sudah mulai terlihat sejak pagi beberapa hari ini.

Kepala PT Pelni Cabang Sampit Kabupaten Kotim Muhammad Jabir mengatakan, pihaknya pada tahun ini mengusulkan dua tambahan armada kapal, karena pihaknya memprediksi akan ada peningkatan penumpang yang signifikan pada arus mudik Lebaran Idul Fitri tahun 2022 ini.

“Pasalnya, dengan adanya kelonggaran kebijakan dari pemerintah terkait persyaratan mudik, jumlah pemudik diperkirakan akan meningkat cukup signifikan. Bahkan, pada tanggal tertentu sudah banyak penumpang yang membooking tiket agar tidak kehabisan,”katanya, Sabtu 23 April 2022.

”Calon penumpang yang akan berangkat di tanggal yang sudah ditentukan ada yang sudah membeli tiket langsung dan ada juga yang masih pesan tiket. Namun tentunya sebelum keberangkatan semua penumpang diperiksa terlebih dahulu terkait kelayakan berlayarnya,” ujarnya.

Jabir menambahkan, untuk menjamin keamanan penumpang, pihaknya sudah melakukan pemeliharaan atau perawatan kapal yang akan berlayar. Sehingga pelayaran dapat berjalan dengan aman dan nyaman bagi seluruh penumpang.

Diketahui, arus mudik Lebaran terus meningkat di Pelabuhan Sampit. Sejak awal Ramadan, intensitas jadwal keberangkatan penumpang kapal yang disediakan PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) dan PT Dharma Lautan Utama (DLU) saling bergantian menyediakan layanan angkutan penumpang yang akan pulang ke kampung halaman.
(MK/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here