Kasongan Expos55.com Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Perhubungan (PUPRHub) Christian Rain mengingatkan, semua penyedia jasa angkutan supaya mengawasi dan mengecek kelayakan armada yang akan difungsikan. Apalagi, sekarang ini sudah memasuki mudik lebaran dan arus balik pada Idul Fitri Tahun 1443 Hijiriah

” Jasa angkutan wajib memperhatikan kondisi kelayakan armada demi mencegah hal-hal yang tidak dikehendaki, ” Ungkapnya, Sabtu (23/4/2022).

Apabila kondisi transportasi seperti armada dijalur darat dan jalur sungai kurang layak untuk digunakan, maka tidak boleh digunakan untuk jasa angkutan dalam membawa penumpang.

” Alasannya sangat berbahaya bagi keselamatan warga yang menjadi penumpang jasa angkutan baik darat maupun sungai. Sehingga dapat menyebabkan kecelakaan ketika berada diperjalanan, ” Sebutnya.

Menjelang lebaran, volume penumpang pada arus mudik diperkirakan bakal meningkat dan naik tajam dibandingkan hari-hari biasa. Maka, dirinya mewanti-wanti agar pihak jasa layanan transportasi mengutamakan standar keselamatan. Dengan begitu, kesadaran ini dapat menekan bahaya ketika arus mudik dan arus balik lebaran nantinya.

” Dengan menggandeng pihak terkait seperti TNI, Satpol PP dan Satlantas Polres Katingan dalam pengawasan arus lalu lintas dan pengecekan armada transportasi. Dengan begitu arus mudik dapat lancar, aman dan masyarakat sampai tujuan, ” Tandasnya.

Bukan hanya kondisi transportasi. Pihaknya juga meminta agar penyedia jasa transportasi untuk mentaati aturan rambu-rambu lalu lintas dan berkendara dengan baik tanpa melebihi batas kecepatan yang diperbolehkan.

” Dilarang mengangkut muatan dan penumpang yang melebihi kapasitas dan berlebihan. Sehingga, tidak menggangu perjalanan dan tetap tertib dalam berkendara, ” Pungkasnya.
(KT/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here