Tamiang Layang Expos55.com Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, Trikorianto mengatakan hasil panen padi di Kecamatan Patangkep Tutui cukup memuaskan.

“Pengubinan dilakukan Badan Pusat Statistik Barito Timur didampingi penyuluh serta aparatur pemerintah kecamatan setempat, hasilnya 6,4 ton per hektare,” kata Trikorianto di Tamiang Layang, Rabu.

Menurutnya, hasil panen gabah kering padi itu cukup memuaskan, karena bukan sebagai daerah lumbung pangan seperti Kecamatan Dusun Tengah, Pematang Karau dan Paku yang merupakan daerah strategis dan didukung sarana prasarana cukup baik seperti Bendungan Karau dan Bendungan Tampa.

Dijelaskan Trikorianto, dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada, hasil panen padi dengan angka 6,4 ton per hektare cukup memuaskan, maka pihaknya akan berupaya meningkatkan sarana prasarana yang mampu mendukung peningkatan hasil produksi padi di Patangkep Tutui.

Ubinan merupakan salah satu cara memprediksi jumlah produksi padi yang masih ada di lahan melalui penentuan sampel, pengukuran dan penimbangan. Proses pengubinan hasil pertanian dilakukan Badan Pusat Statistik bersama-sama dengan petugas penyuluh pertanian.

Dia juga mengatakan, berdasarkan hasil pengubinan tersebut dapat dilakukan kegiatan evaluasi bersama untuk perbaikan usaha tani pada masa yang akan datang.

“Hasil panen padi di Kabupaten Barito Timur akan diketahui setelah hasil rata-rata pengubinan seluruhnya. Saat ini panen padi terus berlangsung,” terangnya.

Trikorianto juga mengapresiasi penyuluh pertanian yang terus bekerja, mengawal program pertanian dan terus mendampingi petani bercocok tanam hingga hasil panen padi cukup baik.

“Selain bangga memiliki penyuluh, saya juga mengapresiasi mereka penyuluh yang bekerja tanpa henti-hentinya mendampingi petani hingga hasil panen cukup memuaskan,” kata Trikorianto.
(ant/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here