expos55.com, AMUNTAI – Memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat di Hulu Sungai Utara (HSU) melalui penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dengan Single Sign On (SSO) atau pelayanan satu pintu yang dimana pengguna cukup memiliki satu akun saja untuk mendapatkan setiap layanan yang tersedia.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) melalui Direktorat E-Government Bambang Dwi Anggono, siap mendukung serta fasilitasi pengembangan SPBE melalui penerapan SSO untuk mewujudkan layanan publik yang terintegrasi di Kabupaten Hulu Sungai Utara Bambang Dwi Anggono dalam kesempatannya menyampaikan, terkait SSO kemenkominfo siap membantu dan memfasilitasi dalam penerapannya di HSU.

“Tentunya kita akan dukung, tidak perlu biaya apapun, nanti akan kita sediakan server, aplikasi dan sistem SSO nya akan kita siapkan jadi tinggal pakai saja.” ucap Bambang melalui virtual zoom, Rabu (4/8/2021).

Kendati demikan, dengan diterapkannya layanan SSO diperlukan juga perhatian khusus untuk segi keamanan yang menjamin data publik tidak bobol dari hacker.

“Mungkin arsitekturnya dari SSO ini dapat disesuaikan atau dipisah yang sifatnya internal dan publik agar terjaminnya keamanan data untuk layanan publik aplikasinya tersendiri untuk
layanan internal daerah juga tersendiri.” katanya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) HSU, H. Adi Lesmana mengungkapkan, kedepannya dirinya akan memperbaiki SPBE SSO agar sesuai dengan masukan yang diberikan dari pihak Kemenkominfo.

“Kedepannya akan kita lakukan konsultasi lanjutan bersama kemenkominfo, kedepannya juga akan kami lakukan sosialisasi dengan SKPD masalah SPBE setelah Perbup SPBE selesai.” tutupnya.

 

Sumber : Diskominfo/putra/ikhsan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here