Expos55.com  Palangka raya – Bertempat di Aula Basara Kelurahan Marang, Tim dari Badan Pertanahan (BPN) Kota Palangka Raya bersama Kelurahan Marang mengadakan rapat sosialisasi PTSL, Jumat (11/6/2021).

PTSL adalah proses pendaftaran tanah untuk pertama kali yang dilakukan secara serentak dan meliputi semua obyek pendaftaran tanah yang belum didaftarkan di dalam suatu wilayah desa atau kelurahan untuk menjamin kepastian dan perlindungan Hukum atas kepemilikan tanah masyarakat.

Lurah Marang Yuliati Ningsih mengatakan proses PTSL ini nantinya untuk menghindari tumpang tindih lahan dan melalui validasi berdasarkan peta bidang untuk dimasukan kedalam sistem yang sudah tersedia.

Yuliati pun Menegaskan terdapat beberapa lahan warga di kelurahan Marang yang telah di tinggal pemiliknya dan pada tahun ini, pihaknya bekerja sama dengan BPN Kota Palangka Raya melaksanakan program PTSL guna menjamin kepastian Hukum hak atas tanah masyarakat.
“ Tahun ini dilaksanakan pendaftaran peta bidang, tim sudah melakukan survey lapangan dan kegiatan ini dimaksudkan untuk kedepan tidak ada tumpang tindih lahan masyarakat.” Ucap Yuliati.

Adapun syarat yang harus dilengkapi nantinya bagi warga yaitu menyediakan Sertifikat Lama, Identitas, Mengetahui letak lahan dan batasnya. Selain itu nantinya masyarakat yang telah mendapatkan sertifikat diharapkan berhasil guna bagi peningkatan kesejahteraan serta menjamin kepastian Hukum hak atas Tanah yang dimiliki menghindari sengketa yang tidak diinginkan.(MC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here