Banjarmasin Expos55.com Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Rachmat Hendrawan mengatakan pihaknya siap mengantisipasi gejolak setelah perhitungan suara pemungutan suara ulang (PSU) Pemilihan Gubernur Kalimantan Selatan (Pilgub Kalsel) yang berlangsung siang ini.

“Mungkin rata-rata sekitar pukul 14.00 WITA proses perhitungan dimulai akan diketahui hasil pada tiap TPS,” kata dia di Banjarmasin, Rabu.

Menurut Rachmat, yang dikhawatirkan munculnya perselisihan saat perhitungan suara. Di antaranya antara para saksi masing-masing kubu tim paslon tidak sepakat pada hasil akhir perolehan suara dan sebagainya.

Kemudian yang diantisipasi juga proses distribusi hasil di TPS untuk dibawa ke tingkat kecamatan dan seterusnya secara berjenjang hingga ke provinsi.

Rachmat menegaskan pengawalan kotak suara hasil dari TPS bakal diperketat lagi dengan tambahan personel lebih banyak dibanding ketika saat distribusi logistik sebelum pencoblosan.

Meski begitu, diakuinya hingga siang hari ini situasi terpantau aman terkendali. Tidak ada gejolak yang dilaporkan pada seluruh wilayah yang menggelar PSU yaitu 12 kelurahan di Kecamatan Banjarmasin Selatan.

“Dalam dua hari terakhir hingga tadi malam saya memimpin langsung patroli bersama Kasdim. Kami sambangi warga untuk memastikan situasi kondusif dan alhamdulilah masyarakat juga antusias menyambut PSU dengan datang ke TPS,” tandas perwira putra daerah yang pernah menjabat Komandan Satuan Brimob Polda Kalsel itu.

Dalam mengamankan PSU Pilgub di 301 TPS di Kecamatan Banjarmasin Selatan, Polresta Banjarmasin mengerahkan sekitar 500 personel. Kemudian pasukan juga dipertebal dari Polda Kalsel dan TNI baik Kodim 1007/Banjarmasin maupun Korem 101/Antasari, sehingga total ada sekitar 800 personel disiagakan.

“Karena dalam PSU ini dianggap rawan semua, maka setiap TPS dijaga satu anggota Polri. Bahkan ada yang dua personel pada satu TPS tergantung dinamika di lapangan. Ada juga tim yang berpatroli secara mobile mengamankan wilayah,” timpal Rachmat yang didampingi Wakapolresta AKBP Sabana Atmojo.

(antara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here