Muara Teweh Expos55.com Polres Barito Utara melaksanakan apel gelar pasukan operasi mandiri kewilayahan dengan sandi “Patuh Telabang 2021”  dalam rangka meningkatkan kedisiplinan guna pencegahan penyebaran COVID-19, maupun kedisiplinan dalam berlalu lintas guna mewujudkan kamseltibcarlantas di wilayah hukum Polres setempat.

Apel gelar pasukan Ops Patuh Telabang 2021 dilaksanakan di halaman Mako Polres Barito Utara yang dipimpin langsung oleh Kapolres setempat AKBP Dodo Hendro Kusuma di Muara Teweh, Senin.

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Wakapolres Barito Utara, PJU Polres Barito Utara, Kasdim 1013/MTW, yang mewakili Kepala Dishub Kabupaten Barito Utara, yang mewakili Kasatpol PP dan Damkar Barito Utara.

Sedangkan untuk pasukan apel terdiri dari Kodim 1013 Muara Teweh ,Sub Den Pom XII/2-3 1, Dinas Perhubungan Kabupaten,  Sat Pol PP dan Damkar setempat.

Dalam Amanat Kapolda Kalteng Irjen Pol Dr Dedi Prasetyo, yang disampaikan oleh Kapolres Barito Utara AKBP Dodo Hendro Kusuma, mengatakan permasalahan di bidang lalu lintas, dewasa ini telah berkembang dengan cepat dan dinamis.

Hal ini katanya sebagai konsekuensi dari meningkatnya jumlah kendaraan bermotor dan populasi penduduk, yang memerlukan alat transportasi sebagai sarana mobilitas dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

“Modernisasi ini perlu diikuti dengan inovasi dan kinerja polri khususnya polantas, sehingga mampu mengantisipasi segala dampak yang akan timbul dari modernisasi transportasi tersebut. Polisi lalu lintas terus berupaya melaksanakan program kapolri yang disebut presisi (prediktif, responsibilitas, transparansi berkeadilan),” ujarnya.

Dia mengatakan, pelaksanaan Ops Telabang 2021 ini bertujuan untuk mewujudkan dan memelihara  Kamseltibcar Lantas, menurunkan angka kecelakaan, membangun budaya tertib lalu lintas, dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada publik.

“Salah satu yang menjadi fokus perhatian saat ini adalah keselamatan bagi pengguna jalan. Keselamatan memang sesuatu yang pertama dan utama dalam berlalu lintas. Dalam konteks ini, lalu lintas dapat dipahami sebagai urat nadi kehidupan, cermin budaya bangsa dan cermin tingkat modernitas,” kata dia.

Selain itu, katanya, dalam rangka meningkatkan disiplin protokol kesehatan dan tertib berlalu lintas guna mencegah penyebaran COVID-19 serta mewujudkan kamseltibcarlantas yang mantap Polri melaksanakan operasi kepolisian di tingkat Polda dan Polres dengan sandi Operasi Patuh 2021.

“Di mana Ops Telabang 2021 dilaksanakan selama 14 hari, dimulai dari 20 September sampai 3 Oktober 2021, secara serentak di seluruh Indonesia,” tambahnya.

Adapun target operasi antara lain memutus mata rantai penyebaran COVID-19 serta mencegah terjadinya kerumunan massa, terciptanya kamseltibcar lantas, memperlancar arus lalu lintas dan menurunkan jumlah fatalitas korban laka lantas serta menurunkan level PPKM.
(antara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here