Palangka Raya Expos55.com Kapolda Kalimantan Tengah (Kalteng), Irjen Pol Nanang Avianto, memimpin apel besar Bhabinkamtibmas jajaran Polda Kalteng, di Lapangan Barigas, Mapolda setempat, Kamis (24/3/2022).

Dalam amanatnya, Irjen Pol Nanang Avianto mengatakan, apel ini digelar dilaksanakan guna memastikan kesiapan seluruh personel Bhabinkamtibmas jajaran, baik sarana dan prasarana dalam melakukan pengamanan menjelang bulan Ramadhan.

“Pengecekan ini juga bertujuan untuk menyiapkan diri dalam menghadapi berbagai bentuk permasalahan dalam pelaksanaan pemeliharaan Harkamtibmas di tingkat kelurahan atau desa,” katanya.

Dijelaskannya, sebagai salah satu ujung tombak dan bapulbaket utama Polri, para Bhabinkamtibmas harus mampu mendorong masyarakat untuk peduli dan peka terhadap potensi gangguan kamtibmas serta gejolak sosial.

Untuk itu, guna mewujudkan pemolisian prediktif, para Bhabinkamtibmas juga harus mampu mengoptimalkan revitalisasi aplikasi Binmas Online System Versi 2 (BOS V2) sebagai sistem pencegah kejahatan.

“Selain itu, terkait pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) menjelang Ramadhan, para Bhabinkamtibmas harus berperan aktif dalam menjaga keamanan kebutuhan pokok masyarakat. Pastikan tidak ada gangguan dalam pendistribusian dan penimbunan,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolda Kalteng, Irjen Pol Nanang Avianto, juga turut memberikan apresiasi dan penghargaan kepada personel Bhabinkamtibmas berprestasi.

Apresiasi dan penghargaan tersebut, diberikan kepada Aipda Rodie, personel Bhabinkamtibmas Desa Juking Panjang, Polres Murung Raya, atas keberhasilannya dalam membangun perpustakaan di Desa Juking, melalui inovasi Bhabinkamtibmas Penjaga Aksara (Bajaka).

Kemudian, penghargaan juga diberikan kepada Bripka Dedet Suryadi, personel Bhabinkamtibmas Desa Mulya Jadi, Polres Kotawaringin Barat, atas keberhasilannya dalam mengelola Kampung Tangguh sehingga bermanfaat bagi masyarakat.

“Keberhasilan dan pencapaian ini diharapkan dapat lebih ditingkatkan kembali dan dapat menjadi contoh bagi personel lainnya untuk memacu kinerja dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” pungkasnya.
(KT/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here