Palangka Raya Expos55.com  Kakanwil Kemenag Kalteng, H. Noor Fahmi berkesempatan untuk menjadi narasumber dialog Kalteng Bicara program TVRI Kalimantan Tengah dengan tema pemeriksaan kesehatan tiga bulan pra nikah pada calon pengantin sebagai upaya pencegahan stunting dari hulu di studio 1 TVRI kalteng, Selasa (15/3/2022).

Dalam dialog berdurasi 60 menit tersebut, H. Noor Fahmi mengungkapkan bahwa program ini sangat baik dan sangat strategis. Kementerian Agama melalui Kantor Urusan Agama (KUA) sebagai garda terdepan mendukung penuh program revitalisasi KUA guna meningkatkan kapasitas dan fungsi KUA terutama dalam pembinaan dan bimbingan perkawinan.

“Kementerian Agama sangat memperhatikan hal ini, dan tentu ada beberapa program yang telah kita laksanakan. Ada salah satu program yakni program Pusaka Sakinah yang dimana ini telah kita gencarkan agar para calonpengantin mendapatkan bimbingan perkawinan oleh kita Kementerian Agama” jelas H. Noor Fahmi.

“Mari kita persiapkan generasi kita dan calon pengantin menjadi generasi yang kuat iman dan imun, dan ini adalah sebuah amal jariyah yang luar biasa dahsyatnya. Hendaknya kita persiapkan para calon pengantin ini sehingga benar-benar siap lahir dan batin” tegasnya.

Sementara itu Plt. Kepala Perwakilan BKKBN Kalimantan Tengah, M. Fitriyanto Leksono menekankan bahwa program pemeriksaan kesehatan tiga bulan sebelum menikah kepada calon pengantin harus dipahami oleh semua masyarakat, karena nantinya kualitas janin akan ditentukan oleh kualitas gizi dan kesehatan kedua orang tuanya, sehingga ini harus benar-benar siap.

“Tentu program ini sejalan dengan misi ke-4 bapak Gubernur Kalimantan Tengah yaitu mempercepat pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) yang cerdas, sehat, dan berdaya saing. Maka dari itu, kita harus bersinergi dan berkolaborasi guna terciptanya SDM yang unggul” ungkap M. Fitriyanto Leksono.
(Mul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here