Palangka Raya Expos55.com Pelaksana Tugas Kepala Biro Perekonomian Provinsi Kalimantan Tengah Said Salim menyebut, pemerintah provinsi telah menyiapkan enam arah kebijakan dalam mengendalikan inflasi pada tahun 2022 yang ditargetkan berada di angka 2-4 persen.

“Keenam arah kebijakan itu tertera di RKP (rencana Kerja Pemerintah) tahun 2022,” kata Said saat menjadi pembicara di sosialisasi Survei Biaya Hidup (SBH) tahun 2022 yang diselenggarakan BPS Kalteng di Palangka Raya, Selasa.

Adapun enam arah kebijakan itu yakni, penguatan cadangan pangan Pemerintah daerah untuk berbagai komoditas pangan strategis, Optimalisasi pasokan pangan melalui Kawasan Sentra produksi pangan, pengembangan infrastruktur penunjang distribusi bahan pokok masyarakat, mempercepat penyediaan infrastruktur pendukung pertanian dan pengendalian banjir.

Kemudian, mendorong dan menguatkan skema kemitraan petani dan nelayan dengan pelaku usaha ritel modern untuk memotong rantai pasok dan meningkatkan efisiensi dan kelancaran distribusi, serta optimalisasi pemanfaatan TI dalam semua aspek, baik pasokan, distribusi, komunikasi dan lainnya.

“Keberhasilan pengendalian harga sangat ditentukan oleh pemahaman terhadap daerah masing-masing. Mulai dari momen, komoditas dan kebutuhan, serta diikuti komitmen, sinergi dan koordinasi antar instansi dan lembaga, baik di dalam provinsi maupun antar Kabupaten Kota dalam upaya pengendalian harga pangan,” beber Said.

Selain mempersiapkan enam arah kebijakan, Organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemprov Kalteng, terkhusus Biro Perekonomian, terus memantau perkembangan Indeks Harga Konsumen (IHK) yang dirilis setiap awal bulan oleh BPS Setempat.

Dia mengatakan, data-data yang dirilis BPS Kalteng itu, selalu menjadi acuan Pemprov Kalteng dalam melakukan berbagai hal, termasuk mengendalikan Inflasi agar tidak melebihi target yang telah ditetapkan dalam RKP tahun 2022.

“Kalau sudah BPS Kalteng merilis hasil survei, handphone saya berbunyi. Kami memang memantaunya dari channel Youtube BPS Kalteng,” kata Said.
(ant/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here