Palangka Raya Expos55.com Pertumbuhan ekonomi di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah, utamanya Kota Palangka Raya diperkirakan akan meningkat pada April-Mei 2022.

Prediksi ini menyusul diterapkannya cuti bersama dan keluarnya aturan pemerintah yang tahun ini dibolehkan untuk mudik saat hari raya Idul Fitri 1443 H.

Dari sisi ekonomi, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kalteng, Yura Djalins menilai penerapan kebijakan cuti bersama dan mudik lebaran akan mendorong pertumbuhan ekonomi dari sisi konsumsi masyarakat.

“Seiring dengan peningkatan aktivitas masyarakat, secara historis permintaan penarikan uang oleh perbankan dari BI akan meningkat menjelang Ramadan dan Idul Fitri,” sebut Yura, Rabu (13/4/2022).

BI Kalteng mencatat jumlah outflow pada Maret 2022 sebesar Rp 1.022,2 miliar atau meningkat 63,88 persen dibandingkan Februari 2022 yang hanya Rp 623,8 miliar.

Kemudian April 2022 ini jumlah outflow diprakirakan kembali meningkat seiring diterapkannya kebijakan pemerintah terkait kewajiban pembayaran tunjangan hari raya (THR) yang wajib dibayarkan paling lambat 7 hari sebelum lebaran. (MC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here