Palangka Raya Expos55.com Santri program pendidikan kesetaraan pada pondok pesantren salafiyah (PKPPS) di Kalimantan Tengah akan mengikuti ujian sekolah (US) mulai 14 Maret mendatang. Sebanyak 908 santri tercatat sebagai calon peserta ujian dari tingkatan ula, wustha, dan ulya.

Kakanwil Kemenag Kalimantan Tengah H. Noor Fahmi melalui Kepala Bidang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan Islam H. Ahmadi ketika dibincangi di ruang kerjanya, Senin (14/2) menjelaskan, 908 santri PKPPS calon peserta ujian sekolah di Kalimantan Tengah terbagi pada 22 lembaga. Mereka tersebar 9 kabupaten/kota.

“Berdasarkan data EMIS terlihat bahwa seluruh lembaga telah mencetak kartu ujian sekolahnya,” ucap H. Ahmadi.

Dikatakan mantan Kepala Kemenag Murung Raya ini, ujian sekolah akan dimulai pada 14 Maret untuk tingkat ulya program IPA dan IPS, tingkatan ini setara SMA. Sedangkan ujian sekolah pada tingkat wustha atau setara SMP akan dimulai pada 16 Mei, dan tingkat ula dimulai pada 30 Mei 2022.

Ujian sekolah tersebut, imbuh H. Ahmadi, terdiri dari ujian utama dan susulan. Jeda waktu di antara dua ujian itu adalah 1 minggu.

“Ada juga ujian susulan bagi santri yang belum dapat mengikuti ujian utama. Pelaksanaannya satu minggu setelah ujian utama,” beber H. Ahmadi.

Mata pelajaran yang diujikan di tingkat ulya nantinya adalah PPKn, Al Qur’an, Sejarah, Bahasa Indonesia, Al Hadits. Kemudian Matematika, Bahasa Inggis, Akhlak, Akidah, Fisika, Kimia, Tarikh, Biologi, dan Bahasa Arab. Terdapat pula mata pelajaran Fiqih, Ekonomi, Geografi, dan Sosiologi.

Ujian sekolah tingkat wustha mengujikan mata pelajaran  PPKn, Al Qur’an, Bahasa Indonesia, Al Hadits, Akhlak, Bahasa Inggris, Akidah, IPA, Fiqih, IPS, Tarikh, Matematika, dan Bahasa Arab.  Di tingkat ula, mata pelajaran dalam US terdiri dari PPKn, Al Qur’an, Bahasa Indonesia, Al Hadits, Matematika, Akidah, IPA, Akhlak, IPS, Fiqih, Tarikh, dan Bahasa Arab.

“Kami tentu berharap seluruh persiapan dan pelaksanaan ujian sekolah nantinya berjalan lancar,” pungkas H. Ahmadi.
(Mul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here