Palangka Raya Expos55.com Kakanwil Kemenag Kalteng, H. Noor Fahmi menghadiri dan membuka kegiatan peningkatan kompetensi guru pendidikan agama Katolik tingkat dasar se-provinsi Kalimantan Tengah di Hotel Fovere,Sabtu (23/04/2022).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Bimas Katolik Kanwil Kemenag Kalteng dari tanggal 22-23 April 2022 tersebut dihadiri sebanyak 41 orang peserta dari Kab/Kota yang ada di Kalimantan Tengah.

Pembimas Katolik, Pujanto mengungkapkan kegiatan ini seyogyanya dapat mengundang lebih banyak peserta, namun karena seiring berjalannya dampak kenaikan transportasi dan lainnya, sehingga ada jumlah pengurangan peserta namun tidak mengurangi esensi penyelenggaraan kegiatan yang ada.

Pujanto menjelaskan bahwa dalam kegiatan ini mengundang narasumber dengan materi tentang moderasi beragama, panggilan tugas guru agama di tengah masyarakat, gereja, dan sekolah, hingga strategi mengajar dalam era teknologi daring. Dirinya mengharapkan semoga kedepan para guru ini mampu mengikuti trend perkembangan yang ada.

Menanggapi hal tersebut, Kakanwil Kemenag Kalteng, H. Noor Fahmi menyampaikan bahwasanya yang hadir pada kegiatan tersebut harus bisa memanfaatkan kegiatan ini. Menurutnya, kegiatan semacam ini harus diikuti semaksimal mungkin, karena pada prinsipnya peran guru agama sangatlah penting bagi peserta didik agar memiliki akhlak yang baik.

Pada kesempatan tersebut, Kakanwil juga menjelaskan arah dan kebijakan Kementerian Agama di bidang pendidikan. Dirinya menjelaskan, setiap pengajaran yang dimulai dengan pengajaran agama yang baik, mata pelajaran yang lain tentu akan mengikuti.

“Ketika peserta didik mengalami masalah dalam akhlak dan moral, pasti yang dicari guru agamanya bukan guru mata pelajaran lain. Ini menandakan peran dari guru agama sangat strategis” jelas Kakanwil.

Selepas membuka dan memberikan sambutan, Kakanwil didampingi pembimas Katolik juga menyerahkan SK Kelompok Kerja Guru (KKG) Pendidikan Agama Katolik secara simbolis kepada peserta pelatihan yang hadir dari Kabupaten Barito Selatan, Barito Timur, Barito Utara, Lamandau dan Kota Palangka Raya.
(Mul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here