Palangka Raya Expos55.com Kepala Dinas Kehutanan Prov. Kalteng Sri Suwanto membuka secara resmi Rapat Koordinasi Penggunaan DBH-DR Rehabilitasi Lahan Prov. Kalteng Tahun 2021. Kegiatan ini digelar terpusat di Ballroom Hotel Neo Palangka Raya dan diikuti secara virtual oleh Narasumber dari Direktorat Perencanaan Anggaran Ditjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri, Direktur Dana Transfer Umum Ditjen Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan, dan Kepala Pusat Kebijakan Strategis Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Rabu (03/11/2021).

Sri Suwanto dalam sambutannya mengatakan bahwa Kalteng telah menduduki peringkat 1 sisa DBH-DR di tahun 2021 hampir 1,16 triliyun yang ada di Kalteng.

“Tentu ini menjadi potensi yang cukup menggembirakan tetapi juga menjadi tantangan, khususnya di Dinas Kehutanan. Jadi setiap ada evaluasi keproyekan Dinas Kehutanan selalu nomor terakhir, selalu berada di peringkat yang paling bawah realisasinya. Karena setiap kita evaluasi menjadi faktor pembagi. Kita tahun ini hampir 160 miliyar pengambilan DBH DR tidak habis sehingga itu terus menjadi faktor pembagi sehingga prosentasenya kecil”, ucap Sri Suwanto.

Melalui kegiatan rakor kali ini, Pemerintah Pusat dapat memberikan informasi dan pemahaman terkait kebijakan penggunaan DBH-DR 2022 kepada Dinas Provinsi, UPT KPH, Bappedalitbang Provinsi, Badan Keuangan dan Aset Daerah , OPD Kabupaten sebagai pedoman dalam perencanaan penggunaan anggaran Daerah.

“Harapan kami di daerah tentu ada Peraturan Menteri Keuangan atau PMK yang turunan dari Undang-Undang APBN 2022 bisa diterbitkan sebelum pengesahan APBD pada bulan desember 2021 yang disertai dengan maping nomenklatur kegiatan SIPD”, imbuhnya.

Sri Suwanto mendorong  para peserta Rapat Koordinasi Penggunaan DBH-DR Rehabilitasi Lahan Prov. Kalteng agar menyusun anggaran penggunaan DBH-DR tahun 2022 sesuai kebutuhan.

“Patut diingat Kalteng adalah Provinsi yang masih dikriteriakan rawan karhutla. Tetap waspadai bahaya karhutla tahun 2022. Inilah yang menjadi harapan semua semoga pada kesempatan rakor betul-betul nanti  ada manfaat dan ada pencerahan sehingga betul-betul dan menjadi semangat baru 2022 dan tentu anggaran sesuai dengan yang kita inginkan”, pungkasnya.

Diharapkan dalam pertemuan ini akan terbangun kesamaan persepsi dan semakin memperjelas mekanisme penggunaan DBH DR untuk mendukung kegiatan Tahun 2022.

Nampak Hadir secara langsung Kepala Perangkat Daerah Prov. Kalteng terkait, UPT KPHP/KPHL lingkup Dinas Kehutanan Prov. Kalteng, PD lingkup Pemerintah Kabupaten/Kota dan Seksi lingkup Dinas Kehutanan yang menggunakan dana DBH DR.
(MMC Kalteng/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here