Palangkaraya, Expos55.com. Salah satu tujuan dilakukanya uji kendaraan bermotor (Uji KIR) adalah untuk memberikan jaminan keselamatan secara tehnis terhadap penggunaan kendaraan bermotor.

Berdasarkan UU Nomor 22 Tahun 2019 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 133 Tahun 2015 tentang Uji Berkala Kendaraan Bermotor, Pemerintah Kota Palangka Raya melalui Dinas Perhubungan (Dishub) memberikan imbauanĀ  kepada seluruh masyarakat Kota Palangka Raya yang memiliki kendaraan bermotor untuk melakukan pengujian berkala (Uji Kir) setiap enam bulan sekali.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Kota Palangka Raya Alman Pakpahan, SH, MH mengatakan, bahwa sebagian masyarakat masih banyak yang belum memahami betapa pentingnya untuk melakukan pengujian kendaraan bermotor, yang merupakan serangkaian kegiatan menguji dan/atau memeriksa bagian/komponen kendaraan bermotor, kereta gandengan, kereta tempelan dalam rangka pemenuhan terhadap persyaratan teknis dan laik jalan.

“Masih banyak masyarakat yang belum mengetahui tentang betapa pentingnya melakukan pengujian kendaraan bermotor,” kata Alman.

Lebih lanjut dijelaskan Alman, selama ini kendaraan angkutan yang melakukan uji KIR di Kota Palangka Raya, tidak ada yang merubah dimensinya. Sedangkan kalau ada kendaraan angkutan yang melintasi jalan di Kota Palangka Raya dan dimensinya sudah berubah, rata-rata dari luar.

“Kendaraan angkutan yang merubah dimensinya, rata-rata dari dari luar Kota Palangka Raya,” tegasnya.

Untuk diketahui, bahwa pelayanan uji KIR tersebut dilaksanakan setiap hari (jam kerja) pada Kantor Pengujian Kendaraan Bermotor Jalan Mahir Mahar Komplek Terminal WA . Gara Palangka Raya. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here