Pelaihari Expos55.com Bupati Tanah Laut, Kalimantan Selatan HM Sukamta mengatakan, kini Jembatan Tabanio II Kelurahan Pabahanan,  Kecamatan Pelaihari sudah dapat berfungsi untuk dua jalur, baik arah Pelaihari-Banjarmasin maupun sebaliknya.

Dengan berfungsinya jembatan untuk dua jalur, menurut dia, maka pengendara khususnya roda empat ke atas dari arah Banjarmasin menuju Pelaihari tidak perlu lagi melintasi jalur alternatif Jalan Atilam, Desa Kunyit dan Desa Atu Atu.

“Alhamdulillah, jembatan ini sudah dapat difungsikan,” ucap Bupati Tanah Laut HM Sukamta, selepas menghadiri uji coba Jembatan Tabanio II, Selasa (4/5).

Sukamta menuturkan, jembatan itu mendapat perbaikan lantaran mengalami kerusakan akibat diterjang banjir awal tahun 2021.

“Kini perbaikan jembatan sudah selesai dan dapat digunakan,”terangnya.

Diutarakannya, tidak ada pembatasan jenis angkutan yang melintasi jembatan tersebut karena memiliki kapasitas 60 ton.

Hal senada juga disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Tala Gentry Yuliantono, jembatan igu sudah dapat dilintasi pengguna jalan, baik yang sudah masuk dalam kota Pelaihari maupun ke luar kota Pelaihari.

“Sudah dapat dilintasi jembatan dua arah sekaligus,” tegasnya.

Pemberlakuan dua arah untuk melintasi jembatan iyu, papaf dia, lantaran tidak ingin aspal yang merekat di jembatan tidak rata dengan jalur sebaliknya.

Sehingga untuk menghindari hal itu, ungkap dia,  pemberlakuan dua arah sekaligus menjadi keputusan yang tepat.

Salah satu pengguna jalan Reza warga Desa Ambungan,  Kecamatan Pelaihari mrngaku cukup lega dengan difungsikan jembatan tersebut.

Karena, terang dia, sebelumnya jalur mobil dari arah Banjarmasin ke Kota Pelaihari harus melintasi jalan alternatif di Desa Kunyit dan  pengendara motor juga melintasi jalur jembatan darurat.

“Bersyukur sekali jembatan ini sudah dapat dilintasi menjelang Hari Raya,” tegasnya.

Turut hadir pada pelaksanaan ujicoba jembatan tersebut diantaranya bersama Dandim 1009/PLH Letkol Inf Adi Yoga Susetyo, Kapolres Tala AKBP Cuncun Kurniadi, Kepala Dinas Perhubugan Tala Gentry Yuliantono dan Kepala Dinas PUPRP Tala Agus Sektyaji.
(antara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here