Sampit, expos55.com Dalam rangka menjamin keamanan peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-76, pada Hari Senin (16/08) Tim Satuan Operasional Kepatuhan Internal (Satopspatnal) Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Sampit kembali menggelar razia/penggeledahan.

Kegiatan razia yang dipimpin oleh Kasi Kamtib Lapas Sampit selaku wakil ketua Satopspatnal dibantu beberapa petugas pengamanan dan menyasar di blok E yang terdapat 8 kamar hunian. “Kami melakukan penggeledahan badan, kamar hunian dan sekitarnya dengan sasaran untuk menyita apabila terdapat benda-benda terlarang yang dimiliki oleh para Warga Binaan Pemasyarakatan termasuk handpone dan narkoba”, ucap M. Lirpan.

Ditambahkannya bahwa kegiatan razia/penggeledahan secara rutin di Lapas Sampit dan kegiatan ini berlangsung secara aman serta para WBP tampak kooperatif akan kegiatan ini. Setelah kami melakukan razia kali ini kami menyita benda terlarang berupa 1 (satu) charger, 1 (satu) rangkaian kabel kipas angin, 1 (satu) pisau kecil dan 2 (dua) set kartu permainan dan terhadap benda-benda tersebut selanjutnya dilakukan inventarisasi, dilakukan pendalaman akan pemiliknya dan dilakukan pemusnahan yang dilengkapi dengan Berita Acara Pemusnahan.

Sementara itu Kalapas Kelas IIB Sampit (Agung Supriyanto) mengapresiasi Tim Satopspatnal dan seluruh Pegawai Lapas Sampit secara bahu-membahu bekerja sama untuk memberantas barang-barang terlarang yang dimiliki oleh para WBP terutama handphone dan narkoba karena apabila para WBP memiliki benda-benda terlarang serta berbahaya akan menimbulkan gangguan keamanan dan ketertiban di Lapas Sampit.

“Satukan komitmen, satukan gerak dan langkah untuk berantas barang terlarang di Lapas dengan terus lakukan deteksi dini serta berantas narkoba yang salah satu caranya dapat ditempuh melalui rutinitas kegiatan razia/penggeledahan terhadap WBP, pegawai, kendaraan/tamu/barang yang masuk maupun keluar Lapas dan terus lakukan pengawasan dengan menerapkan teori intelegen yang sangat efektif guna mencegah potensi gangguan keamanan/ketertiban”, tegas Kalapas.

 

 

Sumber : Reddok, Humas Kalteng, Agustus 2021

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here