Expos55.com Palangka Raya – Perkantoran bisa menjadi episentrum baru untuk penyebaran virus corona. Terlebih pasca kembali beraktivitasnya para abdi negara, membuat penyebaran dan penularan covid-19 di lingkungan kerja dan perkantoran kian masif.

Hal tersebut juga mulai dirasakan pada perkantoran di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya. Terutama di lingkup OPD yang tupoksinya di bidang pelayanan.

“Agar tidak terjadi klaster baru, maka setiap OPD hendaknya berinisiatif melaksanakan rapid/swab test.Nah, ini kami lakukan dan jalankan,” ungkap Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Palangka Raya Alman P Pakpahan, Rabu (2/9/2020).

Menurut Alman, pentingnya melakukan rapid/swab test, tidak lain untuk memastikan semua personel maupun pegawai di lingkungan kantor terbebas dari penularan covid-19.

“Sudah dua gelombang pelaksanaan swab test untuk semua personil Dishub dilakukan. Terakhir dilaksanakan di Asrama Haji, jalan G obos Palangka Raya,”tambahnya.

Disadari lanjut dia, akhir-akhir ini muncul klaster baru dengan sebutan klaster perkantoran. Bagi Dishub Kota Palangka Raya kondisi tersebut cepat disikapi, mengingat di masa merebaknya pandemi covid-19, personil Dishub sangat maksimal dalam menjalankan tugas menekan penyebaran covid-19 di lapangan.

Sementara upaya lain pencegahan yang dilakukan agar lingkungan kantor terhindar atau tidak menjadi klaster perkantoran dalam penyebaran covid-19,adalah pihaknya menerapkan protokol kesehatan secara ketat, ujar Alman.

Protokol kesehatan ketat ungkap dia, selain berlaku bagi personil atau pegawai dishub, juga berlaku bagi masyarakat yang tengah melakukan pengurusan dalam berbagai hal.

“Contohnya, saat melakukan rapat internal, maka kami lakukan di ruang terbuka, dengan kapasitas terbatas. Termasuk kami lakukan dengan sistem daring. Ini bagian yang harus kami lakukan seiring adaptasi kebiasaan baru (AKB) ,”terangnya.

“Disisi lain saya selalu mengintruksikan kepada seluruh personel agar, dimanapun, kapanpun, selalu meningkatkan kewaspadaan. Paling tidak menggunakan masker atau face shield saat berada diluar rumah atapun kantor,”pungkasnya. (MC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here