Muara Teweh Expos55.com Tim pendisiplinan protokol kesehatan (prokes) Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, tetap mengajak masyarakat untuk tetap taat prokes, meski kasus penyebaran virus COVID-19 di daerah ini telah melandai atau turun, sama seperti sejumlah kota di Tanah Air lainnya.

Penanggungjawab tim yustiusi yang juga Kepala Satpol PP Barito Utara Ledianto mengatakan walaupun kasus penyebaran kasus COVID-19 melandai tapi tim gabungan tetap melaksanakan kegiatan pendisiplinan bagi warga masyarakat di daerah ini.

“Kami tetap melaksanakan kegiatan pendisiplinan, hal ini guna menjaga wilayah kita tetap terjaga dari penyebaran virus COVID-19, sehingga Kabupaten Barito Utara benar-benar zero kasus penyebarannya,” kata Ledianto di Muara Teweh, Kamis.

Mengingat masih diberlakukannya PPKM oleh pemerintah pusat di beberapa wilayah di Indonesia, kata Ledianto, tim yustisi juga membagikan masker kepada para pelanggar apabila kedapatan tidak menggunakan masker.

Menurut dia, kegiatan yang dilaksanakan ini sesuai dengan peraturan Bupati Barito Utara Nomor 3 Tahun 2022 tentang perubahan atas Peraturan Bupati Nomor 39 Tahun 2020.

“Diharapkan kepada masyarakat tetap taat peraturan mengenai penerapan protokol kesehatan terutama di wilayah Barito Utara,” kata dia.

Dirinya juga mengajak warga masyarakat di daerah ini agar bersama-sama menyukseskan kegiatan vaksinasi nasional agar  semua benar-benar terbebas dari penyebaran virus COVID-19.

Bupati Barito Utara Nadalsyah menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang terlibat dalam upaya memutus serta mencegah penyebaran virus COVID-19 di wilayah Kabupaten Barito Utara dan berharap masyarakat tetap patuh dan taat protokol kesehatan sehingga dapat terbebas dari penyebaran COVID-19.

“Besar harapan kami kepada masyarakat di daerah ini untuk tetap taat dan patuh terhadap protokol kesehatan, meski kondisi sudah mulai turun,” katanya.

Hal ini terlihat menurunnya jumlah pelanggar (warga yang melanggar) yang terjaring baik razia maupun dari pantauan kegiatan monitoring yang dilakukan oleh tim Satgas penegakan protokol kesehatan.

Dengan semakin disiplinnya masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan, maka diharapkan semakin menekan laju perkembangan penyebaran COVID-19 terutama di wilayah Kabupaten Barito Utara.

Hal ini, kata bupati, agar semua saling bahu membahu untuk menjadikan Kabupaten Barito Utara terbebas dari pandemi COVID-19.

“Apresiasi saya berikan kepada seluruh petugas yang tergabung dalam tim pendisiplinan, baik TNI, Polri, Satpol PP dan semua elemen masyarakat yang telah membantu pemerintah menanggulangi pandemi COVID-19. Mudah-mudahan pandemi ini sesegara berakhir tentunya,” kata dia.
(ant/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here