Palangka Raya Expos55.com Kepala Dinas Perhubungan Kota Palangka Raya, Alman Pakpahan menyebutkan bahwa sejak Januari hingga September 2021 ada sebanyak 6.106 kendaraan di kota Palangka Raya telah melakukan uji kelayakan atau KIR.

“Sejak Januari 2021 kemarin, sampai dengan bulan September yang tercatat, total kendaraan yang sudah melakukan uji KIR ada sekitar 6.106 kendaraan,” kata, Alman Pakpahan kemarin.

Dijelaskannya bahwa pemberlakuan uji KIR secara berkala tersebut termuat dalam undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

Pada pasal 53 ayat 1 disebutkan jika uji berkala wajib dilakukan untuk mobil penumpang umum dan mobil barang, bus, mobil berkereta gandengan dan tempel yang beroperasi di jalan.

“Pengujian kendaraan bermotor ini wajib dilakukan, guna memberikan jaminan keselamatan secara teknis terhadap pengguna kendaraan bermotor,” ucapnya.

Dikatakannya bahwa Uji KIR itu sendiri bertujuan untuk mendukung terwujudnya kelestarian lingkungan dari kemungkinan pencemaran udara yang diakibatkan penggunaan kendaraan bermotor (emisi gas buang), kereta gandengan, serta kereta tempelan di jalan.

“Uji KIR juga bertujuan untuk memberikan pelayanan umum kepada masyarakat pengguna angkutan berkendaraan bermotor. Untuk itu, saya menghimbau kepada seluruh pengendara yang belum melakukan uji KIR, kami imbau agar dapat segera melakukan uji KIR secara berkala”, tutupnya.(MC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here