Banjarbaru Expos55.com Sebagai dukungan untuk kemajuan produk UMKM, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Koperasi dan UKM menggelar Grand Opening Gerai UMKM Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin, di lantai dua terminal keberangkatan, di Banjarbaru, Senin (29/11/2021).

Pembukaan dilakukan secara simbolis oleh Sekretaris Daerah Kalsel, Roy Rizali Anwar, mewakili Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, bersama dengan
Direktur Utama PT Sarinah, Fetty Kwartati.

“Pelaku UMKM di Kalsel semakin termotivasi untuk membuat produk yang kreatif dengan menyertakan nilai historis dari produk, bagaimana cara pembuatannya, kenapa itu dibuat dan dari bahan apa,” ujar Roy.

Roy berharap, kehadiran Gerai UMKM hasil kerja sama Pemerintah Provinsi Kalsel dengan PT Sarinah, PT Angkasa Pura Retail, dan Bank Indonesia (BI) itu mampu membawa produk UMKM Kalsel hingga ke pasar internasional.

Roy menyebutkan, Gerai UMKM tersebut menyediakan 552 produk lokal dari 99 UMKM binaan BI serta Dinas Koperasi dan UKM Kalsel.

“Kita berharap, dukungan PT Sarinah kepada UMKM Kalsel nantinya, agar produksinya dapat dipasarkan ke tingkat internasional, tentu dengan produksi yang menggunakan bahan-bahan ramah lingkungan,” ucap Roy.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kalsel, Gustafa Yandi, mengatakan pihaknya akan terus melakukan pembinaan, demi kemajuan UMKM.

“Sesuai arahan pimpinan, pembinaan UMKM Kalimantan Selatan terus kita lakukan, termasuk dengan kehadiran gerai ini. Alhamdulillah, gerai ini bisa kita gunakan secara totalitas, berbagai masukan termasuk pengisian produk kiranya bisa lebih banyak lagi,” ucap Yandi.

Pada kesempatan yang sama, Deputi Kepala Perwakilan BI Kalsel, Rahmat Dwisaputra, menyebutkan bahwa dukungan terhadap pelaku UMKM menjadi salah satu tugas yang harus dilaksanakan, didukung sinergi dengan Pemerintah Provinsi.

“Salah satu tugas pokok BI di daerah yakni meningkatkan daya saing ekonomi daerah tersebut, tentunya melalui UMKM, sehingga kita tetap mendukung apa yang dilakukan oleh pemerintah daerah,” ujar Rahmat.
(MMC Kalsel/M.Said)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here