Sampit Expos55.com Ketua DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah, Rinie mengapresiasi kiprah dan sumbangsih pers sebagai salah satu pilar penting dalam mendukung pembangunan, termasuk di daerah melalui karya-karya jurnalistiknya.

“Di negara demokrasi ini, keberadaan pers  tentu penting. Pemerintah selalu berharap dukungan pers melalui informasi yang konstruktif, mendidik dan mencerahkan,” kata Rinie dihubungi dari Sampit, Rabu.

Rinie bersama Wakil Bupati Irawati turut menghadiri puncak peringatan Hari Pers Nasional Pers Nasional (HPN) 2022 di Kendari, Sulawesi Tenggara. Kehadiran mereka sebagai bentuk apresiasi pemerintah daerah terhadap sinergi yang selama ini telah terjalin dengan baik antara pemerintah daerah dengan pers.

Menurutnya, kehadiran pers di daerah turut memberi pengaruh terhadap jalannya pemerintahan. Fungsi kontrol sosial yang dijalankan pers sebagai penyambung aspirasi masyarakat, sering menjadi salah satu pertimbangan bagi pemerintah dalam membuat kebijakan.

Hal ini juga tidak terlepas dari keberadaan wartawannya. Wartawan yang profesional diyakini dapat membawa dampak positif terhadap pembangunan, khususnya melalui karya-karya jurnalistiknya yang bisa menjadi pendorong bagi pemerintah daerah.

Politisi ini menyebut, fungsi pers sama dengan salah satu fungsi DPRD yakni menjalankan fungsi pengawasan jalannya pemerintahan. Bahkan pers juga bisa mengawasi serta mengkritik dan memberi masukan terhadap kinerja DPRD.

“Kami berharap pers menjadi mitra yang sehat dan profesional untuk menjadi pengawas bagi kami di legislatif maupun eksekutif,” harap Rinie.

Rinie mengaku merasakan pers di Kotawaringin Timur telah menjalankan fungsinya dan berkontribusi terhadap daerah. Pers turut mengawal kebijakan-kebijakan pemerintah, termasuk mengkritik jika ada kebijakan yang dinilai tidak sejalan dengan kondisi dan aspirasi masyarakat.

Pemerintah daerah pun dengan terbuka menerima masukan yang disampaikan masyarakat melalui media massa. Pemerintah daerah yakin bahwa kritik membangun yang disampaikan tersebut bertujuan demi kebaikan bersama.

“Saya atas nama pimpinan dan lembaga DPRD Kotim menyampaikan selamat Hari Pers Nasional. Kami berharap sinergitas antara Pers dengan pemerintah, termasuk dengan kami di DPRD dapat terus terbina dengan baik,” demikian Rinie.
(ant/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here