Palangka Raya Expos55.com Guna membekali dan mengedukasi keluarga yang sehat, bahagia, dan sejahtera dalam internal umat Buddha di Kalimantan Tengah (Kalteng), Penyelenggara Bimas Buddha Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kalteng menggelar Pembinaan Keluarga Hittasukhaya bertajuk “Melalui pembinaan keluarga hittasukhaya kita wujudkan keluarga sehat bahagian dan sejahtera” di Hotel Melia, Jalan Yos Sudarso, Kamis (17/02/22).

Kegiatan yang dilaksanakan selama sehari penuh secara luring dan daring itu dibuka resmi oleh Kepala Kanwil Kemenag Prov. Kalteng H. Noor Fahmi. Ia mengapresiasi kegiatan tersebut dalam rangka menguatkan ketahanan keluarga sebagai unsur terkecil dari negara.

“Keluarga hittasukhaya ini sama dengan program keluarga sakinah dalam Islam. Istilahnya beda namun tujuan dan maknanya sama, yakni mewujudkan keluarga yang tentram dan sejahtera,” kata Kakanwil H. Noor Fahmi.

Menurutnya keluarga sebagai komponen terkecil dalam hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara sangat berperan penting bagi suksesnya pembangunan, karena itu harus terus diperkuat yang salah satunya melalui pembinaan oleh pemerintah.

Salah satu kunci utama dalam membangun keluarga yang sejahtera adalah dengan mewujudkan harmonisasi hubungan antara anggota keluarga, dengan melakukan upaya: menjalin komunikasi dan kebersamaan, agar tidak timbul saling curiga.

Kemudian saling memahami, saling menghargai, saling terbuka, dan saling menghargai. “Sisihkan waktu untuk bersama keluarga. Jangan sampai karena kesibukan akhirnya kurang kebersamaan,” wantinya.

Kakanwil juga mengingatkan agar dalam keluarga jangan terlalu sibuk dengan gadget atau gawai. “Mari ciptakan suasan yang nyaman dalam keluarga,” ajaknya.

Ia berharap dengan kegiatan ini akan memberikan pencerahan bagi umat buddha di Kalteng dalam mewujudkan keluarga yang harmonis dan sejahtera.

Ketua Panitia Pelaksana, Partiyem mengatakan Pembinaan Keluarga Hittasukhaya merupakn program nasional dan kebijakan penting Ditjen Bimas Buddha Kemenag RI dalam mewujudkan keluarga umat Buddha yang harmonis, bahagaia, damai, sejahtera, sehat lahir batin.

“Tujuan untuk pembekalan dan edukasi agar dapat diparktikkan dalam kehidupan sehari hari guna mewujudkan keluarga yang harmonis, bahagia, dan sehjahtera,” kata Pembimas Buddha Kanwil Kemenag Kalteng ini.

Untuk itu, panitia menghadirkan narasumber Melly Amaya Kiong, Pembina Yayasan Karakter Eling Indonesia yang menyampaikan materi Mindfull Parenting secar virtual dari Jakarta. Kemudian ada Diah Purwati yang menyampaikan materi Membangun ketahanan keluarga di era milenial melalui ekonomi kreatif.

Peserta berjumlah 30 orang baik yang hadir langsung maupun melalui virtual yang berasal dari perwakilan lembaga majalis agama Buddha, perwakilan pengurus rumah ibadah Buddha, sekolah minggu, guru agama Buddha, penyuluh agama Buddha PNS dan non PNS.
(Mul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here