Palangka Raya Expos55.com Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H.Sugianto Sabran menginginkan agar Industri Lokal di Kalteng dapat lebih berperan aktif dalam pengelolaan kekayaan Sumber Daya Alam (SDA). Untuk itu, Pemprov. Kalteng terus meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten melalui penyelenggaraan pelatihan dan pendidikan serta sertifikasi bagi Industri Lokal, selain itu Pemprov. Kalteng terus meningkatkan koordinasi dengan Pemerintah Pusat melalui Kementerian terkait untuk mewujudkan pengembangan dan pembangunan hilirisasi industri potensial di wilayah Kabupaten/Kota se-Kalteng .

“Sumber daya yang kita miliki sangat berlimpah. Selama ini saya melihat sumber daya yang ada, hanya menguntungkan pihak tertentu saja dan sedikit yang berkontribusi terhadap masyarakat dan pembangunan daerah. Ini termasuk low value pricing, karena masih bahan mentah. Untuk itu, saya minta industri pengolahan agar dibangun segera, sehingga pengelolaannya dapat dilakukan di Kalteng, Agar secara nilai dan manfaat lebih baik. Ketimbang hanya raw material saja” ucap Gubernur H. Sugianto Sabran dari ruang kerjanya, Kamis (30/9/2021).

H. Sugianto Sabran menjelaskan, pembangunan hilirisasi industri di sejumlah wilayah di Prov. Kalteng akan berdampak positif kepada masyarakat. Pasalnya melalui perusahaan-perusahaan industri yang ada, akan dapat menyerap tenaga kerja dari masyarakat lokal dan penyediaan lapangan kerja baru. Hal tersebut juga tentunya akan mendongkrak perekonomian dan pendapatan asli daerah (PAD) serta turut berkontribusi terhadap peningkatan kualitas perekonomian nasional.

Sugianto mengharapkan, agar Pemerintah Pusat melalui Kementerian terkait dapat membangun atau memanfaatkan perusahaan-perusahaan industri lokal untuk mengolah dan mengelola sumber daya alam yang dimiliki oleh Provinsi Kalimantan Tengah secara maksimal. Orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai tersebut juga mengajak seluruh masyarakat terutama para generasi muda untuk dapat membantu Pemerintah dalam mengembangkan sektor-sektor industri yang ada.

“Dalam mewujudkan Kalimantan Tengah yang Bermartabat, Elok, Religius, Kuat, Amanah dan Harmonis (Berkah) diperlukan peran aktif seluruh komponen dan sinergi yang baik dari masyarakat,” pungkasnya.
(MMC Kalteng/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here