Martapura Expos55.com Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor membuka secara resmi Karya Bakti TNI Tahun 2021 dengan kegiatan peningkatan badan jalan ruas desa kiram Kabupaten Banjar-Desa Tanjung Kabupaten Tanah Laut.

Pembukaan tersebut ditandai dengan kesepakatan pengerjaan jalan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kalsel Zulkifli dengan Danrem 101/Antasari Brigjen Firmansyah disaksikan langsung oleh Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, di Dusun Pematang Kanas Kiram Kabupaten Banjar, Kamis (11/11/2021).

Dikesempatannya, Sahbirin Noor mengapresiasi sinergitas TNI dalam membangun infrastruktur daerah terisolir di Kalsel.

“Dengan pembangunan jalan ini bukan saja membuka daerah terisolir di Kabupaten Banjar dan Tanah Laut, namun juga menjadi jalur pendekat antar kabupaten sehingga bagi warga dapat mempersingkat waktu tempuh,” ujarnya.

Oleh karena itu, pembangunan jalan tersebut selaras dengan misi pembangunan Pemprov Kalsel yaitu membangun daerah pinggiran membuka konektivitas antara pedesaan dengan perkotaan.

“Dengan percepatan pembangunan dari daerah pinggiran, maka dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di pelosok, membuka potensi wisata baru serta dapat membuka lapangan kerja baru,” ungkapnya.

Sementara itu, Pembakal Desa Kiram Iwar mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor maupun pihak TNI.

“Dengan dibukanya jalan ini, maka semakin memudahkan masyarakat dalam mengangkut hasil perkebunan yang didominasi karet, selain itu jarak menuju Tanah Laut tak lagi harus memutar tapi sudah dapat tembus melewati Pematang Kanas,” kata dia.

Selain itu dengan terbukanya jalur tersebut dapat membuka potensi ekonomi yang dilalui seperti pematang kaca dan air terjun.

“Ini juga akan membuka potensi ekonomi masyarakat dan dapat memajukan pariwisata yang ada di sekitaran desa tersebut,” pungkasnya.

Untuk diketahui pengerjaan dimulai 11 November hingga 25 Desember 2021 mendatang. Pembukaan jalan dilaksanakan melalui program Karya Bakti Korem 101/Antasari yang didanai melalui APBD Perubahan Pemprov Kalsel tahun anggaran 2021 dengan nilai Rp2.9 miliar. Panjang jalan dari Dusun Pematang Kanas menuju tapal batas Banjar – Tanah Laut di Riam Pinang Desa Tanjung sepanjang 12,4 km, lebar 8 meter.(MC Kalsel/M.Said)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here