Banjarmasin Expos55.com Sebanyak 42 atlet angkat berat dari 9 Kabupaten/Kota se-Kalimantan Selatan (Kalsel) mengikuti Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) yang digelar Pemerintah Provinsi melalui Persatuan Angkat Berat Seluruh Indonesia (Pabersi) Kalsel, di Banjarmasin, Minggu (28/11/2021).

Mempertandingkan 7 kelas di kategori putri dan 8 kelas di kategori putra, Ketua Harian Pabersi Kalsel, Sumanto, mengatakan Kejurprov Angkat Berat merupakan sebuah rangkaian, menyusul Rapat Kerja Provinsi serta pelatihan bagi pelatih dan wasit yang dilaksanakan beberapa waktu lalu.

“Tujuan diadakan Kejurprov ini tentu saja untuk menjaring bibit-bibit atlet potensial yang akan memperkuat Kalsel dan meratakan kekuatan di pengcab-pengcab yang ada,” kata Sumanto.

Selain itu, Kejurprov Angkat Berat ini juga menjadi syarat menuju Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) di Hulu Sungai Selatan (HSS) tahun depan.

“Ini juga sebagai syarat keikutsertaan Cabor Angkat berat Porprov HSS 2022. Di Porprov, nantinya Cabor ini akan dipertahankan untuk pertama kali,” kata Sumanto.

Sumanto menilai, antusias peserta mengikuti Kejurprov sangat bagus, meskipun masih perlu waktu untuk mencapai level nasional. Namun, Ia optimis dalam kurun waktu tiga tahun kedepan, para lifter Kalsel mampu berbicara di tingkat nasional.

“Kalau kita melihat peserta remaja, masih jauh nasional. Tapi motivasi dan teknik sudah bagus. Oleh karena itu, perlu pembinaan lebih lanjut. Insya Allah tiga tahun kedepan kita sudah bisa bicara di tingkat nasional,” ucap Sumanto.

(MC Kalsel/M.Said)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here