Expos55.com  Palangka Raya – Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya, menggandeng perusahaan yang ada di kota setempat guna menyiapkan kebutuhan hewan kurban Iduladha 1442 Hijriah.

“Pemko sudah mengajukan ke perusahaan-perusahaan agar menggunakan dana tanggung jawab sosial (CSR) untuk membantu menyiapkan hewan kurban untuk Iduladha tahun ini,” kata Kepala Bagian Kesra,Setda Kota Palangka Raya, Sahrudin, Selasa (22/6/2021).

Pengajuan ke perusahan -perusahaan itu dilakukan lanjut Sahrudin, mengingat di tahun yang lalu dan tahun ini Pemko Palangka Raya tidak bisa menganggarkan melalui DPA untuk pengadaan hewan kurban. Baik sapi maupun kambing.

Adapun pengajuan tersebut juga telah disampaikan melaui Forum CSR Kota Palangka Raya. Termasuk pula pengajuan untuk Bank Pembangunan Kalteng (BPK) dimana diajukan permintaan sekitar 30 sapi kurban.

“Iya, diharapkan semua pengajuan dapat direalisasikan maksimal. Intinya ditunggu saja berapa yang didapat dari CSR perusahaan yang ada,” tambahnya.

Pada sisi lain Sahrudin menyampaikan, hingga saat ini telah banyak masyarakat yang mengajukan proposal bantuan pengadaan hewan kurban ke pemko melalui Bagian Kesra Setda Kota Palangka Raya.

“Masyarakat diharapkan dapat bersabar karena pemko terus berupaya optimal agar tahun ini masyarakat yang membutuhkan, dapat menikmati bantuan hewan kurban,”harapnya.

Sementara pada bagian lain Sahrudin menambahkan, pihaknya telah menyiapkan skema distribusi pembagian hewan kurban yang direncanakan akan dipusatkan di Rumah Potong Hewan (RPH) Kalampangan. Dimana nantinya H-3 hingga H-4 seluruh sapi akan dikumpulkan di RPH itu untuk selanjutnya dilakukan pemeriksaan kesehatan dan kelayakan.

“Tim kesehatan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian akan memeriksa dan memastikan kesehatan seluruh hewan kurban, sebelum didistribusikan,” pungkasnya. (MC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here