Palangka Raya Expos55.com Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin memastikan pihaknya akan terus berkomitmen dalam meningkatkan pelayanan dan pemenuhan hak masyarakat, terutama di bidang kesehatan.

“Iya, Pemerintah Kota Palangka Raya akan terus fokus melakukan perbaikan layanan kesehatan. Pemerintah ingin masyarakat selalu hidup sehat,” ungkapnya, Jumat (11/3/2022).

Harus disadari kata Fairid, bicara soal kesehatan, maka sudah menjadi persoalan dasar masyarakat. Terlebih di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

Maka itu kata dia, berbagai progam maupun informasi untuk mewujudkan masyarakat lebih sadar akan kesehatan terus dilakukan Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya, dan menjadi skala prioritas.

“Bisa dilihat, selain pemko terus membenahi kualitas rumah sakit sendiri, di sisi lain pembangunan gedung baru Puskesmas Pahandut tengah dijalankan. Ini seiring statusnya meningkat menjadi Badan Layanan Umum Daerah atau BLUD,” bebernya.

Di sisi lain sambung Fairid, kerjasama dengan pihak lain dalam peningkatan layanan kesehatan terus dikakukan. Seperti penguatan program pemerintah, yakni Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang terintegrasi pada program BPJS Kesehatan.

“Kesehatan berperan penting dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia, penanggulangan kemiskinan dan pembangunan ekonomi. Bahkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), meletakkan kesehatan sebagai salah satu komponen utama pengukuran IPM di daerah,” sebutnya.

Selain itu semua tambah Farid, berbagai program di bidang kesehatan lainnya terus dijalankan Pemko Palangka Raya. Antara lain, mendorong masyarakat untuk dapat menjalankan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). (MC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here