Banjarmasin Expos55.com Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin, melalui Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Masyarakat (DPPKBPM) melaksanakan Sosialisasi dan Evaluasi Kampung Keluarga Berkualitas (KB) Kampung Baiman Kota Banjarmasin tahun 2021, yang berlangsung di Hotel NASA Banjarmasin, 02/11/21.

Wakil Walikota Banjarmasin, H Arifin Noor menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut, turut hadir SKPD dan Lurah terkait.

H Arifin Noor menjelaskan, Kampung KB telah direncanakan sejak 2016, dan telah di laksanakan di 5 Kecamatan yang ada di kota Banjarmasin.

“Kampung KB ini telah terancang di 5 Kecamatan, masing-masing Kecamatan ada 5 Kelurahan namun di Kecamatan Banjarmasin Utara ada 6 Kelurahan,” ucapnya.

Lanjut jelasnya, tujuan Kampung KB itu meningkatkan kualitas hidup keluarga dan masyarakat melalui program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) yang terintegrasi dengan sektor pembangunan lainnya.

“Sasaran langsungnya, keluarga, pasangan usia subur, masyarakat, belita, remaja dan lansia, kemudian sasaran tidak langsung tokoh-tokoh masyarakat, organisasi masyarakat PPKBD, Sub PPKBD, DKM dan organisasi pemuda,” paparnya.

Kemudian itu, H Arifin Noor menjelaskan program pembangunan Kampung KB meliputi Bidang Kesehatan, Bidang sosial, Bidang Ekonomi, Bidang Pangan dan Pertanian, Bidang Pendidikan, ada juga Kelautan dan Perikanan, Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Bidang Pemukiman dan Lingkungan Hidup, Bidang Komunikasi dan Informatika serta Bidang Agama.

Maka dari itu, Ia pun memaparkan keberhasilan Kampung KB itu kuncinya komitmen dari Pemerintah Daerah dan pengelolaan program, kemudian pemanfaatan data dalam mengetahui peta masalah dan potensi desa.

“Partisipasi aktif masyarakat dalam penentuan prioritas masalah, rencana, pelaksanaan, evaluasi dan hasil kegiatan dan pembinaa serta juga tokoh kunci,” pungkasnya.(MC Kota Banjarmasin/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here