Kalsel Expos55.com Selain kekayaan alam, wisata, dan kuliner hasil laut, Kabupaten Tanah Bumbu juga memiliki berbagai macam produk kerajinan berbahan dasar kain tenun.

Hal itu menarik perhatian Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Dinas Perdagangan Kalimantan Selatan (Kalsel), Nooritaliani, untuk berkunjung ke salah satu galeri di kabupaten berjuluk “Bumi Bersujud” tersebut.

“Di galeri ini menyediakan berbagai produk berbahan dasar kain tenun, antara lain tas, tempat tisu, tas pinggang, alas dan tutup gelas, baju dengan berbagai motif dan desain dari yang klasik hingga bermotif modern, harganya pun bervariasi sesuai kualitas,” ujar Nooritaliani, melalui pesan singkat, Minggu (12/9/2021).

Nooritaliani mengatakan, Ia akan terus mempromosikan produk UMKM Kalsel di berbagai event, dan mengupayakan akses pasar yang lebih luas, baik di dalam maupun luar negeri, offline maupun online.

Mendukung hal tersebut, Kepala Dinas Perdagangan Kalsel, Birhasani mengatakan kemampuan para pelaku UMKM perajin tenun harus terus ditingkatkan, agar terampil dalam mengelola usaha dan memanfaatkan teknologi informasi.

“Mari kita bangun sinergitas untuk membina dan mengembangkannya, baik oleh jajaran Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu maupun Pemerintah Kalimantan Selatan,” ujar Birhasani.

Ia berharap, masyarakat Kalsel pun berpartisipasi dalam mengembangkan produk lokal, dengan turut membeli dan menggunakan.

“Dengan ikut membeli produk daerah turut membantu meningkatkan pendapatan pelaku UMKM di Kalimantan Selatan,” kata Birhasani.
(MC Kalsel/M.Said)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here