Buntok Expos55.com Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah mengimbau orangtua yang memiliki anak berusia 6 sampai 11 tahun agar proaktif mendaftarkan anaknya untuk divaksinasi.

“Kita mengimbau kepada orangtua yang memiliki anak usia 6-11 tahun supaya proaktif memvaksinasi anaknya, sebab dalam pekan ini Dinas Kesehatan mulai melaksanakan vaksinasi terhadap anak pada usia tersebut,” kata ketua Komisi III DPRD Barito Selatan, Zainal Khairuddin di Buntok, Minggu.

Dikatakannya, vaksinasi yang dilaksanakan ini bertujuan untuk menghindari anak-anak terjangkit virus corona, karena, anak pada usia itu sangat mudah terjangkit wabah penyakit.

“Apalagi apabila anak-anak sering berkumpul, dan bermain bersama, serta jajan sembarangan,” ucap politisi dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Barito Selatan itu.

Selain itu ia juga menyampaikan, vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun ini supaya pembelajaran tatap muka (PTM) bisa dilaksanakan. Vaksinasi ini merupakan salah satu syarat agar PTM tersebut bisa dilaksanakan.

Ia juga meminta kepada tenaga pengajar mendukung para vaksinator dalam melaksanakan vaksinasi khususnya bagi anak didik berusia 6-11 tahun.

Zainal Khairuddin juga menyambut baik upaya pemerintah kabupaten melalui Dinas Kesehatan Barito Selatan yang akan melaksanakan kegiatan tersebut.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang membantu agar tercapainya target vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun di kabupaten yang berjuluk Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini,” tambah Zainal Khairuddin.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Barito Selatan, drg Daryomo Sukiastono menyampaikan, pelaksanaan vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun tersebut akan dilaksanakan pada pekan ini.

“Saat ini kita sedang melakukan validasi data terkait dengan jumlah anak pada usia tersebut di daerah ini,” kata dia.

Menurutnya, dalam melakukan validasi data mengenai jumlah anak pada usia itu, pihaknya bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Barito Selatan, karena mereka memiliki data jumlah anak yang sekolah.

Usia anak yang akan divaksinasi ini tidak boleh kurang dari enam tahun. Jenis vaksin yang akan disuntikan nantinya jenis Sinovac.

Daryomo Sukiastono menerangkan, untuk pelaksanaan vaksinasi bagi anak usia 6 sampai 11 tahun tersebut rencananya akan dilaksanakan di setiap sekolah.

“Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 disetiap sekolah itu dilakukan agar memudahkan mengumpulkan anak, sehingga jumlah anak yang disuntikkan vaksin dalam satu kegiatan bisa lebih banyak,” ucapnya.

Selain itu Daryomo juga menyampaikan Kabupaten Barito Selatan memang sudah layak dan memenuhi persyaratan untuk melaksanakan vaksinasi terhadap anak usia 6 sampai 11 tahun ini.

Syarat agar bisa dilaksanakannya vaksinasi bagi anak yakni jumlah vaksinasi secara umum dari semua tahap sudah tercapai sebesar 70 persen dan vaksinasi bagi lansia sudah tercapai sebesar 60 persen.

“Untuk pencapaian vaksinasi COVID-19 secara umum di Barito Selatan ini sudah melampaui dari target yang dipersyaratkan tersebut yakni sudah tercapai sebesar 70,40 persen, dan vaksinasi bagi lansia sudah tercapai sebesar 68, 20 persen,” jelasnya.

Jadi menurut Daryomo, Barito Selatan sudah bisa dan layak melaksanakan vaksinasi bagi anak usia 6 sampai 11 tahun ini, karena pencapaian vaksinasi COVID-19 secara umum dan lansia sudah melampaui dari target yang telah ditentukan tersebut.
(ant/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here