Kuala Pembuang Expos55.com Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Seruyan Albidinnor mengimbau kepada seluruh masyarakat petani yang ada di wilayah setempat agar bisa memanfaatkan dengan sebaik mungkin keberadaan alat mesin pertanian (alsintan) yang ada di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tersebut.

“Kepada masyarakat petani yang mungkin hendak menyewa alsintan di DKPP, kita berharap agar keberadaan alsintan yang kita sediakan ini bisa benar-benar dimanfaatkan keberadaannya oleh petani,” katanya, Sabtu 9 April 2022.

Dirinya berharap kepada para petani agar bisa bijak dalam menggunakan alsintan tersebut supaya dalam penggunaannya bisa lebih optimal. “Semoga tahun ini sudah bisa jalan sepenuhnya, dan ada beberapa juga yang sudah mendaftar,” ujarnya.

Selain itu, dengan adanya ratusan alsintan yang sudah disediakan tersebut, diharapkan produktifitas para petani dalam menjalankan profesinya bisa meningkat dan sektor pertanian di Bumi Gawi Hatantiring bisa berkembang lebih maju.

“Dari yang tadinya mengolah lahan bisa memakan waktu sekian minggu, karena sudah ada alat maka dalam beberapa hari saja sudah bisa selesai. Kemudian pemanenan padi yang tadinya pakai manual, sekarang sudah pakai alat canggih, jadi tinggal masukan ke karung saja,” tambahnya.

Sementara itu, khusus untuk alat mesin pemanen, beberapa waktu yang lalu sudah disepakati harga sewa alsintan tersebut adalah Rp500 perkilogram gabahnya. “Jadi kemarin Pak Bupati bersepakat dengan para petani harga sewanya adalah Rp500 perkilo untuk operator, sedangkan untuk daerah itu adalah Rp400.000 perhari,” jelasnya.
(MK/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here