Banjarmasin Expos55.com Tidak hanya pariwisata, Kepala Dinas Pariwisata Kalimantan Selatan, M Syarifuddin juga mendukung pengembangan potensi ekonomi kreatif sub sektor kuliner (kopi dan kedai kopi) khas Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut.

“Bukan hanya pariwisatanya, Kabupaten Tanah Laut juga mempunyai potensi ekonomi kreatif kopi khas Pelaihari. Melihat hal tersebut, kami bersama Dinas Pariwisata Kabupaten Tanah Laut memberikan pelatihan ekraf terkait standarisasi pelayanan dan pengolahan kopi,” kata Syarifuddin, Banjarmasin, Rabu (10/11/2021).

Ditambahkannya, pada pelatihan ekraf yang diikuti oleh 25 peserta dari kalangan pelaku usaha, komunitas kopi, dan pemilik cafe di Tanah Laut, pihaknya turut menggandeng dosen ekonomi untuk memberikan ilmu pengelolaan dan pengemasan kopi yang baik.

“Pelatihan ini juga sebagai bentuk komitmen Pemerintah Provinsi Kalsel dalam mendorong kemajuan ekonomi kreatif, selain itu Pemerintah Provinsi Kalsel juga terus mencari inovasi atau terobosan baik berupa bantuan insentif atau kerjasama dengan pihak terkait,” tuturnya.

Syarifuddin berharap, melalui pelatihan ini mampu mendorong nilai tambah produk dan jasa bagi industri hilir kopi di Kalsel, khususnya di Kabupaten Tanah Laut.

“Untuk itu kita perlu memperkuat kemampuan industri ekonomi kreatif agar produk kita mampu bersaing dengan produk-produk impor,” tukasnya.
(MC Kalsel/M.Said)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here