expos55.com, AMUNTAI – Dalam mewujudkan layanan publik yang terintegrasi, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) melakukan proyek perubahan Pengembangan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) melalui penerapan layanan sistem Single Sign On (SSO) atau layanan satu pintu.

Lebih lanjut, SKPD yang telah menjalin kerjasama dengan Diskominfo adalah Dinas Kependudukan dan Catatan sipil, Dinas Penanaman Modal, PTSP dan Naker, Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah, Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan dan Dinas Kesehatan.

“Dengan pengintegrasian dalam satu kesatuan melalui penggunaan teknologi single sign on ini nantinya akan sangat bermanfaat dan memudahkan bagi masyarakat dikarenakan cukup satu akun saja yang mereka buat untuk mendapatkan setiap layanan. Dan sampai sejauh ini pada tahapan awal sudah 5 SKPD yang berkerja sama dengan kita dalam mewujudkan penerapan SPBE SSO di HSU.” ujarnya, Jumat (6/8/2021).

Menurutnya, kedepannya secara bertahap akan dilakukan juga kerjasama dengan semua SKPD untuk penerapan SPBE SSO di HSU.

Adapun nantinya setiap aplikasi layanan SPBE yang ada di HSU harus berkoordinasi dengan Diskominfo HSU selaku pengelola untuk mengintegrasikan aplikasi layanan di setiap SKPD melalui Portal Layanan HSU.

“Dalam kerjasama tersebut, kami akan menyiapkan portal layanan HSU dengan sistem SSO untuk pengaksesan semua layanan pemerintahan di HSU, serta perlunya koordinasi dengan
pihak SKPD yang menjalin kerjasama. Terlebih untuk layanan atau portal HSU pihak Diskominfo sendiri sebagai penyedia dan pengelola layanan.” tutupnya.

 

Sumber : Diskominfo/putra/ikhsan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here