Palangka Raya Expos55.com Berdasarkan Data Statistik perikanan tangkap tahun 2020 produksi perikanan tangkap perairan umum sebesar 4.835,98 ton terdiri dari sungai sebesar 1.655,22 ton, danau sebesar 1.7372,92 ton dan rawa sebesar 1.442,84 ton.

Dengan kata lain produksi tangkapan ikan di Wilayah Kota Palangka Raya mengalami kenaikan sebesar 78,81 ton atau 1,6 % jika dibandingkan tahun 2019 yaitu 4.757,17. ton menjadi 4.835,98 ton.

Untuk menjaga keberadaan potensi ikan tersebut maka Pemerintah Kota Palangka Raya, dalam Hal ini Dinas Perikanan Kota Palangka Raya, meminta agar warga masyarakat tetap menjaga keberadaan ikan tersebut.

Kepala Dinas Perikanan Kota Palangka Raya, Indriati Ritadewi menyebutkan bahwa dengan adanya keberadaan potensi ikan serta berdasarkan data statistik tersebut tentu saja sektor perikanan perlu dikelola secara berkelanjutan dan terjaga kelestariannya.

“Peran serta masyarakat sangat diharapkan dalam membantu pemerintah dalam menjaga kelestarian populasi ikan. Jadi, untuk warga masyarakat saya minta turut menjaga kelestarian populasi ikan tersebut”, kata Indriarti.

“Caranya, tidak menangkap ikan dengan menggunakan alat atau bahan yang dapat merusak lingkungan, serta ikut mengawasi sumber daya perikanan di lingkungan sekitar masing-masing”, tambahnya.

Selain itu, dirinya meminta kepada warga masyarakat apabila melihat/menemukan ada yang menangkap ikan menggunakan alat atau bahan yang berbahaya agar bisa melaporkan ke pihak berwajib.

Karena menurutnya penggunaan bahan atau alat yang merusak lingkungan diatur dalam Undang-undang dan bagi pelanggar akan disanksi.

Dikatakannya dalam hal melestarikan keberadaan popoluasi ikan, hingga saat ini pihaknya juga sudah gencar mensosialisasikan kepada masyarakat terkait larangan tersebut.

“Kami sudah mensosialisasikan tentang menjaga kelestarian ikan dan undang undang larangan menggunakan alat tangkap ikan yang merusak lingkungan. Alhamdulillah hingga sekarang ini belum ada ditemukan masyarakat yang melakukan pelanggaran tersebut”, tutup Indriarti.(MC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here