Banjarbaru Expos55.com Dinas Kehutanan (Dishut) Kalimantan Selatan (Kalsel) menertibkan penambangan liar di Dusun Matang Kanas, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar.

“Jadi, awalnya kami mendapatkan informasi dari masyarakat bahwa ada air di tempat mereka keruh. Kemudian, saya langsung bergerak kesana bersama Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM),” ujar Kepala Bidang Perlindungan dan Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (PKSDAE), Pantja Satata, mewakili Plt Kepala Dishut Kalsel, di Banjarbaru, Selasa (26/10/2021).

Dikatakan Pantja, pada Kamis (21/10) lalu, pihaknya pun menemukan empat warga sedang menambang emas di pinggir sungai menggunakan mesin sedot.

“Setelah itu, warga yang melakukan penambangan ilegal kami beri penjelasan bahwa aktivitas itu dilarang karena dapat menimbulkan kerusakan lingkungan dan meminta surat pernyataan dari bersangkutan untuk tidak melakukan aktivitas penambangan liar lagi,” ujar Pantja.

Kemudian, semua alat dan mesin yang digunakan untuk melakukan penambangan liar pun telah disita.

“Apabila mengulangi penambangan liar lagi, akan dilakukan sesuai proses hukum yang berlaku. kami akan lebih ketat lagi mengawasi lokasi bekas aktivitas penambangan liar di Desa Matang Kanas,” tukas Pantja.
(MC Kalsel/M.Said)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here