Palangka Raya Expos55.com  Dinas Perhubungan Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah memberikan layanan gratis bagi masyarakat yang ingin berkeliling atau “explore” wilayah setempat.

“Layanan ini kami berikan melalui Bus Rapid Transit (BRT),” kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Palangka Raya, Alman P Pakpahan di Palangka Raya, Rabu.

Hanya saja, dijelaskannya, operasionalnya termasuk waktu dan rute menyesuaikan dengan jadwal yang telah ditetapkan.

Dia menerangkan layanan “explore” Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah ini dilakukan dengan tujuan tempat-tempat wisata pada akhir pekan yakni Sabtu dan Minggu.

“Dengan rute ke tempat wisata yang kita buka setiap Sabtu dan Minggu. Satu kali pemberangkatan per rutenya BRT berkapasitas penumpang maksimal 15 orang per bus. Hal ini karena kita menerapkan jaga jarak dan protokol kesehatan,” jelasnya.

Alman mengatakan perjalanan Bus Rapid Transit ini memiliki tiga rute, yakni Taman Pasuk Kameloh ke objek wisata Air Sungai Hitam Kelurahan Sei Gohong dan kemudian kembali lagi ke Taman Pasuk Kameloh.

Rute selanjutnya mulai Taman Pasuk Kameloh menuju Dermaga Kereng Bangkirai dan kembali ke Taman Pasuk Kameloh dan rute ketiga Taman Pasuk Kameloh menuju Manasa Agro Wisata dan kembali Ke Taman Pasuk Kameloh.

“Agar bisa mendapatkan layanan BRT ini, masyarakat dapat mendaftarkan diri pada Jumat mulai puul 07.00 WIB sampai dengan 15.00 WIB dengan format RegBRt #Nama #P/L #Umur #Rute. Pendaftaran dikirim melalui DM Instagram atau messenger Facebook,” terang Alman.

Akun media sosial tersebut yakni Instagram di brt_palangkaraya_dishub dan facebook di Busrapidtransit Palangkaraya. Syarat diantaranya penumpang wajib menggunakan masker dan membawa hand sanitizer, serta menerapkan protokol kesehatan.

Pria yang pernah menjadi Inspektur “Kota Cantik” ini menerangkan “explore” Kota Palangka Raya menjadi salah satu layanan unggulan yang dilakukan Dinas Perhubungan setempat.

“Banyak layanan gratis yang kami berikan kepada masyarakat seperti pengawalan dan pengaturan lalu lintas saat kegiatan masyarakat, respon cepat gangguan lampu dan rambu lalu lintas, serta pengaturan lalu lintas di jalur sibuk yang tidak dilengkapi ‘traffic light,” jelasnya.

Alman pun berharap masyarakat di Palangka Raya dapat memanfaatkan berbagai layanan yang diberikan Dinas Perhubungan secara gratis dan mudah tersebut.
(antara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here