Batulicin Expos55.com Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, terus berupaya meningkatkan perekonomian masyarakat agar lebih sejahtera melalui Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

“Kami memebrikan pelatihan kepada msyaarakat yang tergabung dalam UMKM agar mereka lebih mandiri dan terampil dalam mengembangkan usaha mereka,” kata Kasi Industri Logam Mesin Elektronika dan Alat Transportasi pada Disdagri Tanah Bumbu, Sofyan di Batulicin Ahad.

Dia mengatakan, salah satu pelatihan dan pembinaan yang diberikan yakni pembuatan gula semut.

Hari ini adalah hari yang kedua pelatihan pembuatan gula semut, yang di ikuti oleh warga Desa Kersik Putih dan Desa Polewali Marajae Kecamatan Batulicin.

“Peserta langsung praktek membuat gula semut dengan berbagai varian rasa yakni rasa original, jahe, kunyit, dan temulawak,” katanya.

Selain membuat gula semut dengan berbagai varia rasa, peserta pelatihan nantinya juga dilatih cara pengemasan, memberi branding (desain), manajemen penjualan dan pemasaran.

“Mereka akan mengikuti pelatihan selama lima hari dan pelatihan ini digelar dengan tema¬† “percepatan pemulihan ekonomi melalui diservikasi produk olahan dan peningkatan keterampilan bagi pelaku usaha”,” pungkasnya.
(antara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here