Kalsel Expos55.com Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kalimantan Selatan menggelar Peringatan ke-63 Hari Perkebunan, di kantor setempat, Banjarbaru, Kamis (10/12/2020).

Pada kesempatan tersebut, Kepala Disbunnak Kalsel, Suparmi, mengatakan bahwa petani di Kalsel tergolong sejahtera berdasarkan Nilai Tukar Petani (NTP) yang mencapai 100 persen.

“Alhamdulillah bulan November ini kedua sub sektor ini sudah mencapai NTP 100 persen, khususnya untuk NTP dan Nilai Tukar Usaha Pertanian (NTUP) sub sektor perkebunan kita tertinggi di sektor pertanian,” kata Suparmi.

Selain menyampaikan capaian, peringatan Hari Perkebunan tersebut juga dirangkai dengan Focus Group Discussion (FGD) yang turut dihadiri oleh seluruh instansi yang membidangi perkebunan di kabupaten/kota, Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) Kalsel, Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (APKASINDO) Kalsel, Gabungan Perusahaan Karet Indonesia (Gapkindo) Kalselteng, dan penangkar bibit benih perkebunan.

“Dengan semangat perkebunan ini, untuk tahun 2021 kita ingin lebih mengintensifkan penggabungan atau integrasi antara perkebunan dengan peternakan,” ucap Suparmi.

Suparmi pun mengatakan bahwa pada tahun-tahun sebelumnya peringatan Hari Perkebunan diisi dengan pameran, sosialisasi dan lain semacamnya baik di tingkat pusat maupun provinsi.

“Kita hadir ikut berpartisipasi. Namun, karena adanya covid-19 dari Pemerintah Pusat mengimbau provinsi melaksanakan masing-masing di daerahnya dengan sederhana,” kata Suparmi.
(MC Kalsel/Junaidi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here