Palangka Raya Expos55.com Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Tengah mengutus empat orang anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) terbaik yang berasal dari Kabupaten Kotawaringin Barat, untuk mengikuti kegiatan Bantuan Sosial Jambore Nasional yang dipusatkan di tempat wisata Pangandaran, Provinsi Jawa Barat.

Kepala Dinas Sosial Kalteng Rian Tangkudung melalui Sekretarisnya Budi Santoso di Palangka Raya, Rabu, mengatakan, kegiatan yang dipusatkan di obyek wisata Pangandaran tersebut dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-17 Tagana.

“Jadi yang berangkat itu hanya perwakilan saja, karena di tengah pandemi COVID-19 seperti ini, sehingga orang-orang yang dikirim sedikit,” katanya.

Budi menjelaskan, empat orang yang diutus mengikuti kegiatan tersebut yang rencananya dilaksanakan mulai tanggal 28 Maret sampai 1 April 2021 itu, juga akan mengadakan beberapa perlombaan.

Perlombaan salah satunya seperti water rescue, kegiatan bakti sosial yaitu penanaman hutan mangrove serta berbagai kegiatan sosial lainnya yang bersifat bermanfaat bagi alam dan masyarakat setempat.

“Mereka di sana selama lima hari akan didampingi Kabid Linjamsos Dinsos Kalteng Farid Wajdi. Kemudian selain lomba kegiatan sosial serta peduli terhadap lingkungan,” ucapnya.

Dengan adanya kegiatan tersebut, Sekretaris Dinsos Kalteng itu berharap paling tidak bisa meningkatkan rasa cinta tanah air di dalam diri para anggota Tagana. Apalagi anggota Tagana seluruh Indonesia akan ngumpul disana, namun semuanya tetap disarankan mentaati aturan protokol kesehatan karena acara tersebut berada di tengah pandemi COVID-19.

“Semoga saja kecintaan mereka terhadap tanah air serta sosial mereka setelah mengikuti kegiatan tersebut terus tumbuh dan bisa ditularkan kepada rekan-rekannya yang berada di kabupaten kota yang ada di provinsi Kalteng nantinya,” bebernya.

Sebelum mengakhiri wawancaranya dengan sejumlah awak media, ia menambahkan, bahwa HUT ke-17 Tagana akan dilaksanakan secara on-line sehingga pengurus Tagana di daerah dapat menyaksikan prosesi kemeriahan HUT tersebut.

“Harapan saya kegiatan HUT Tahun ini tetap meriah meski terbatas dan di tengah pandemi COVID-19,” tandasnya.

(antara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here