Banjarmasin Expos55.com Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Sosial (Dinsos) bekerja sama dengan Kementerian Sosial RI menyerahkan bantuan lumbung sosial di Kecamatan Labuan Amas Utara Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) dan Kecamatan Candi Laras Selatan Kabupaten Tapin.

Lumbung sosial ini akan menjadi tempat penyimpanan dan persediaan barang siaga bencana di Kalsel, menyusul lumbung sosial lainnya yang juga telah didirikan di sejumlah lokasi di HST, Tapin, dan Kotabaru.

“Alhamdulillah telah kita salurkan bantuan lumbung sosial kali ini di dua tempat yaitu Labuan Amas Utara dan Candi Laras Selatan,” kata Kepala Dinas Sosial Kalsel Siti Nuriyani, Banjarmasin, Jumat (24/12/2021).

Nuriyani mengatakan, dipilihnya Kecamatan Labuan Amas Utara dan Candi Laras Selatan karena daerah tersebut rawan terjadi banjir, sehingga harus disiapkan lumbung sosial sebagai bentuk kesiapsiagaan.

“Pemprov Kalsel bergerak cepat dalam penanganan bencana hidrometeorologi ini di Kalsel. Lumbung sosial berisi peralatan, bahan makanan, non pangan, obat-obatan, serta alat-alat yang diperlukan saat banjir seperti genset, lampu, dan water treatment,” kata Nuriyani.

Dirinya juga menambahkan, meskipun saat ini kondisi air mulai surut, pihaknya tetap siaga terhadap bencana, yang menurut prediksi BMKG bisa terjadi hingga Maret 2022.

“Selain di Kecamatan Labuan Amas Utara dan Candi Laras Selatan, kita tetap mengupayakan agar kabupaten/kota lainnya di Kalsel bisa memiliki lumbung sosial juga karena apabila terjadi bencana di wilayah itu, bisa langsung disalurkan dan apabila habis maka akan kami isi kembali,” tukas Nuriyani.
(MC Kalsel/M.Said)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here