Banjarmasin Expos55.com Dinas Sosial (Dinsos) Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar Bimbingan Teknis Petugas Sistem Layanan Rujukan Terpadu (SLRT) Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos) Kabupaten/Kota, di Banjarmasin, Selasa (26/10/2021).

Sekretaris Dinsos Kalsel Diyah Anur Yani, mengatakan Puskesos dibangun dengan tujuan memudahkan warga atau fakir miskin untuk mendapatkan perlindungan sosial dan lepas dari kemiskinan.

“Puskesos ini sendiri merupakan lembaga yang biasanya berada di daerah dan berperan menjangkau warga rentan miskin terkait progres penanganan masalah kesejahteraan sosial, permasalahan data, rujukan ataupun bantuan serta progres Bansos,” ucap Diyah.

Diyah menambahkan, warga yang datanya bermasalah bisa mendatangi Puskesos masing-masing Kabupaten/Kota untuk dibantu melalui sistem yang dibuat oleh Kementerian Sosial tersebut.

“Sistem konsep ini kita tidak bisa berdiri sendiri karena di dalam terdapat SKPD lain mensupport seperti Bappeda, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, serta Dinas Dukcapil yang berkaitan dengan data,” kata Diyah.

Di Kalsel, mulai tahun 2017 lalu, SLRT tersedia di tiga Kabupaten/Kota, yaitu Barito Kuala, Hulu Sungai Selatan (HSS), dan Tapin.

“Sedangkan, untuk tahun 2018 di Tanah Laut, 2019 di Tabalong dan untuk tahun ini kita dapat lima Kabupaten/Kota yaitu Banjarmasin, Banjarbaru, Balangan, Tanah Bumbu, dan Kotabaru. Dua lagi yang belum akan di progreskan pada angkatan selanjutnya yaitu tahun depan,” kata Diyah.
(MC Kalsel/M.Said)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here