Amuntai – Kalsel.   expos55.com Pemerintah kab. HSU melalui Dinas Ketahanan Pangan (DKP) setempat gencar menyalurkan bantuan bagi para korban banjir. Bantuan yang disalurkan kepada korban banjir, yakni berupa beras. Bantuan beras yang disalurkan yakni merupakan bantuan dari Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Provinsi Kal-Sel sebanyak 5 ton yang bersumber dari Cadangan Pangan Pemprov.

Terkait hal ini, Kabid Ketersediaan Pangan Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kab. HSU Entin Listanti ketika dikonfirmasi awak media, dirinya mengungkapkan bahwa bantuan yang disalurkan kepada korban banjir merupakan bantuan (CPP) Cadangan Pangan Pemerintah dari Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Pempro Kal-Sel yang berjumlah sebanyak 5 ton.

“Bantuan beras yang disalurkan kepada korban terdampak banjir berdasarkan data atau laporan dari setiap Kepala Desa yang mana warga desanya merupakan korban terdampak banjir, yakni melalui Proposal” jelasnya.

Selain itu juga Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kab. HSU didampingi oleh Jajaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah yang merupakan Tim Koordinator Tanggap Bencana, salah satunya yakni bencana banjir yang baru-baru ini melanda sebagian besar pemukiman warga di Kab. HSU,”

Bantuan beras yang didapat bagi korban terdampak banjir yakni 1 karung 1 KK, sesuai dengan jumlah jiwa / KK, sebelumnya kami evaluasi dari tim 10 hari, seharinya satu jiwanya 300 gram dibantu 10 hari menjadi 3 Kg, kalau orangnya 5 dalam satu rumah berarti 3×5 jadi 15 Kg, kalau misalkan orangnya 2 dalam satu rumah dapat 6 Kg kalau jiwanya 10 dalam satu rumah dapat 30 Kg sesuai jumlah jiwa di KK,” Jelas Kabid Ketersediaan Pangan Kab. HSU Entin Listanti kepada awak media di halaman kantornya.

Dirinya menambahkan bahwa, pihaknya juga mempunyai Cadangan Pangan Dari Dinas Ketahanan pangan (DKP) Kab. HSU yang terletak di sebuah gudang di Kecamatan Banjang. Bantuan yang disalurkan bukan hanya untuk korban terdampak banjir saja, misal salah satunya musibah kebakaran. Bantuan beras sebanyak 5 ton ini berdasarkan pada SK Kepala Daerah atau Pihak yang berwenang dalam hal ini salah satunya yakni berkaitan bencana alam seperti Tanggap Bencana Banjir.

Adapun data sementara bagi Warga Desa yang menerima bantuan korban terdampak bencana banjir, yakni sebagai berikut Desa Murung Padang, Desa Danau Terate, Desa Lok Suga, Desa Lok Bangkai dan Desa Kayakah. Sampai berita ini diturunkan, dari 5 Desa yang mendapatkan bantuan tersebut, Baru satu Desa yang sudah terealisasi yaitu Desa Murung Padang sementara 4 Desa lainnya menyusul. Kemungkinan besar Data Desa penerima bantuan akan terus bertambah sesuai dengan data laporan tiap-tiap Kepala Desa yang warganya menjadi korban bencana banjir. (Windi).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here