Kotabaru Expos55.com Wakapolda Kalimantan Selatan Brigjen Pol Mohamad Agung Budijono, S.I.K., M.Si. menyampaikan bahwa pembinaan personil adalah hal yang paling utama khususnya di lembaga kepolisian, apabila personilnya bagus otomatis operasional bagus.
“Fungsi Operasional tidak akan berjalan baik kalau unsur fungsi Pembinaan tidak dilaksanakan secara maksimal,” ucap Wakapolda dalam arahannya saat melaksanakan kunjungan kerja di Polres Kotabaru, Kamis (4/11/2021) pukul 08.00 Wita.

Seperti yang disampaikan Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si. untuk jajarannya yang nakal melalui peribahasa “Ikan Busuk Dari Kepalanya”, yang berarti “Suatu organisasi atau negara gagal disebabkan oleh masalah kepemimpinan sebagai sumber masalahnya”.

“Pepatah ikan busuk mulai dari kepala, kalau pimpinannya bermasalah, bawahannya akan bermasalah juga,” tutur Wakapolda menyampaikan penekanan Kapolri untuk diimplementasikan seluruh anggota Polri.

Didepan seluruh anggota Polres Kotabaru, Wakapolda menerangkan, yang menjadi faktor utama Pimpinan / Perwira Polri adalah rekan-rekan yang mempunyai tugas dan fungsi untuk melakukan pengawasan kepada anggota baik secara struktural maupun turun langsung ke lapangan.

Karena para mereka (Pimpinan / Perwira Polri) yang mempunyai struktural anggota dibawahnya mempunyai kewajiban untuk melakukan pembinaan terhadap anggotanya.

Selain itu Pimpinan / para Perwira Polri juga harus mempunyai kepedulian terhadap anggota yang mempunyai masalah, jangan sampai membuat anggota merasa terasingkan, guna terjalin hubungan emosional antara pimpinan dan anggota.

Apabila anggota melakukan kesalahan, Pimpinan / para Perwira Polri harus berani menegur yang bersangkutan, bukan malah sebaliknya hanya membiarkan dan menjadi keselahan yang berkelanjutan.

Lebih lanjut disampaikan Wakapolda Kalsel, bahwa seorang Pimpinan / Perwira Polri harus menjadi contoh ketauladan anggotanya, karena satu ketauladan lebih baik daripada seribu arahan.

“Kita harus punya tekat dan peran dalam membangun organisasi Polri yang lebih baik dimana pun kita berada dan ditugaskan,” ucap Wakapolda.

Para Kasat, Kabag maupun Kapolsek Jajaran Polres Kotabaru pun diminta untuk membaca semua Job Descriptionnya masing-masing, kemudian menjabarkan tugasnya pada Job Analisis, guna terlaksananya tugas yang lebih baik.

Dalam arahannya, Wakapolda Kalsel Brigjen Pol Mohamad Agung Budijono, S.I.K., M.Si. juga meminta agar pelaksanaan vaksinasi berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan setempat, dan saat menerima dosis vaksin agar segera digunakan hingga habis jangan menunggu – nunggu.

Diakhir arahannya Wakapolda mengingatkan bahwa saat ini Polri diawasi dimana-mana, untuk itu seluruh personil kepolisian khususnya di wilayah Kalimantan Selatan Polres Kotabaru pada umumnya diminta untuk menjaga nama baik Polri dengan tidak melakukan pelanggaran yang dapat menurunkan Citra Polri sembari menghimbau agar bekerja sesuai tugas pokok.

Kunjungan kerja dalam rangka Supervisi Fungsi Bidang Pembinaan Satwil Jajaran Polda Kalsel Tahun 2021 itu turut hadir Auditor Itwasda Polda Kalsel, Karo SDM Polda Kalsel, Karo Log Polda Kalsel, Kabid Propam Polda Kalsel, Kapolres Kotabaru beserta Pejabat Utama dan Personel Polres Kotabaru.”
(Tribratanews Kalsel/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here