Kalsel Expos55.com Bertepatan dengan Peringatan Ulang Tahun ke-71 Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) yang mengusung tema “Rukui Hajat, Gawi Basumangat, Banua Harat”, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) menyerahkan piagam penghargaan Lomba Desa dan Kelurahan (Lomdeskel) tingkat Provinsi tahun 2021.

Desa Pematang Benteng Kecamatan Sungai Tabukan (Hulu Sungai Utara), Desa Salat Makmur Kecamatan Beruntung Baru (Banjar), dan Desa Sungai Kupang Kecamatan Kandangan (Hulu Sungai Selatan) berhasil menjadi terbaik I, II, III kategori desa dan berhak mendapat uang pembinaan masing-masing Rp45 juta, Rp30 juta, dan Rp25 juta.

Sedangkan untuk kelurahan dimenangkan oleh Kelurahan Belitung Utara Kecamatan Banjarmasin Barat (Banjarmasin), Kelurahan Syamsudin Noor Kecamatan Landasan Ulin (Banjarbaru), dan Kelurahan Kandangan Kota Kecamatan Kandangan (Hulu Sungai Selatan) yang juga berhak mendapat uang pembinaan masing-masing Rp45 juta, Rp30 juta, dan Rp25 juta.

“Desa Tirta Jaya Kecamatan Bajuin Tanah Laut dan Kelurahan Kampung Baru Kecamatan Simpang Empat Tanah Bumbu mendapat juara harapan I dengan uang pembinaan sebesar Rp15 juta, Desa Karang Indah Kecamatan Angsana Tanah Bumbu dan Kelurahan Murung Sari Kecamatan Amuntai Tengah Hulu Sungai Utara mendapat juara harapan II dengan uang pembinaan sebesar Rp10 juta dan Desa Maburai Kecamatan Murung Pudak Tabalong dan Kelurahan Sarang Halang Kecamatan Pelaihari Tanah Laut mendapat juara harapan III dengan uang pembinaan sebesar Rp7,5 juta,” kata Kepala Dinas PMD Kalsel, Zulkifli, di Banjarmasin, Sabtu (14/8/2021).

Meskipun telah terlaksana dengan baik, Kepala Dinas PMD Kalsel, Zulkifli mengatakan pihaknya menggelar Lomdeskel tahun ini di tengah keterbatasan, dikarenakan pandemi COVID-19.

“Jadi, beberapa tahapan dalam Lomdeskel sudah dilaksanakan diantaranya penilaian administrasi, pemaparan peserta lomba, klarifikasi lapangan dan penetapan juara yang sudah kami serahkan penghargaannya,” kata Zulkifli.

Dikatakan Zulkifli, Lomdeskel dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, dan pelayanan kepada masyarakat desa dan kelurahan.

“Dimana Desa dan Kelurahan yang menjadi juara terbaik I akan mewakili Pemprov Kalsel untuk mengikuti Lomdeskel tingkat Regional III 2021,” ujar Zulkifli.
(MC Kalsel/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here