PALANGKA RAYA Expos55.com Komandan Korem (Danrem)  102/Pjg Brigjen TNI Purwo Sudaryanto mengikuti  Upacara peringatan hari lahir Pancasila 1 Juni 1945 – 1 Juni 2021 dengan tema “Pancasila dalam Tindakan, Bersatu untuk Indonesia Tangguh” di Aula Jayang Tingang Lt. II Kantor  Gubernur Kalimantan Tengah,  Jalan RTA. Milono Kota Palangka Raya. Kalimantan Tengah, Selasa 1 Juni 2021.

Upacara dilaksanakan secara Virtual, dan diikuti oleh seluruh FKPD tingkat Provinsi, Kabupaten dan Kota di seluruh Indonesia, yang bertindak selaku Inspektur Upacara Presiden RI Joko Widodo. Dalam kesempatan itu, Presiden RI Joko Widodo menyampaikan amanatnya terkait hari lahir Pancasila.

“Peringatan hari lahir Pancasila di setiap tanggal 1 Juni, harus benar-benar kita manfaatkan untuk mengokohkan nilai-nilai Pancasila dalam bermasyarakat dalam berbangsa dan dalam bernegara. Walaupun Pancasila telah menyatu dalam kehidupan kita, sepanjang republik Indonesia ini berdiri namun tantangan yang dihadapi Pancasila tidaklah semakin ringan,” ucapnya.

Selain itu perkembangan ilmu pengetahuan, dan teknologi juga mempengaruhi lanskap kontestasi ideologi revolusi industri 4.0, dengab menyediakan berbagai kemudahan dalam berdialog, berinteraksi, dan berorganisasi serta skala besar lintas negara.

“Ketika konektivitas melanda dunia, maka interaksi antar dunia juga akan semakin mudah, dan cepat kemudahan ini bisa digunakan oleh ideologi transnasional radikal, untuk merambah ke seluruh pelosok Indonesia ke seluruh kalangan dan keseluruh usia tidak mengenal lokasi dan waktu,” pungkasnya.

Oleh sebab itu, pendalaman nilai-nilai Pancasila tidak bisa dilakukan, dengan cara biasa, diperlukan cara baru yang luar biasa, memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan, dan teknologi terutama revolusi industri 4.0. Selain itu Pancasila harus menjadi pondasi, dalam mengembangkan ilmu pengetahuan, dan teknologi.

“Oleh sebab itu generasi muda Indonesia dan seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu padu dan bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia maju yang kita cita-citakan,” tandasnya.

(Penrem/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here