Kotim Expos55.com Dalam kunjungan kerjanya ke Kodim 1015/Spt. Komandan Korem (Danrem) 102/Pjg Brigjen TNI Purwo Sudaryanto menyempatkan waktu untuk memberikan arahan kepada Forum Kordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda)  Kabupaten Kotawaringin timur (Kotim) terkait pencegahan dan penanganan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Kotim, Rabu (28/07/2021).

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Kotim  H. Halikinoor,  Dandim 1015/Spt Letkol Czi Akhmad Safari,  Kapolres Kotim AKBP Abdul Haris Jakin dan Kepala Kejaksaan Negeri  Kotim Erwin Purba.

Dalam kesempatan tersebut Danrem102/Pjg  menekankan, kepada seluruh unsur terkait diharapkan saling bersinergi untuk memperbaiki sistem dan memperkuat program penanggulangan Covid-19 salah satunya  dengan cara melakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) diwilayah diperketat atau kalau  perlu  lockdown dari tingkat  RT/RW/Desa/Kelurahan yang notabene berwilayah  Zona Merah atau Orange serta dengan memanfaatkan Beras/Sembako yang ada diwilayah untuk membantu kebutuhan masyarakat.
Hal itu penting dilakukan untuk meningkatkan efektivitas strategi yang sedang kita dijalankan, katanya.

Lebih lanjut Danrem menyampaikan dalam penanggulangan covid-19 ini, peran TNI – Polri serta Satgas covid daerah dari mulai Pemerintah daerah Kabupaten/Kota , Kecamatan , Desa/Kelurahan dan Dinas kesehatan saya nilai sudah cukup bagus, namun perlu  untuk lebih dioptimalkan lagi dalam mengimplementasikan terhadap masyarakat di lapangan.

“Kita tidak boleh lengah apalagi kecolongan bila terjadi lonjakan pasien yang terpapar, apalagi  kita sampai terdadak,  untuk mengantisipasi hal tersebut saya harapkan di Kotim menyiapkan lokasi Isolasi mandiri (Isoman) terpusat terhadap Pasien Covid-19 yang Orang Tanpa Gejala (OTG) dan bergejala ringan agar dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19 ,  termasuk mewajibkan Perusahaan yang ada di Kotim untuk menyiapkan Isoman terpusat sehinga tidak timbul kluster keluarga dan ini diharapkan untuk dicek langsung  dilapangan ada atau tidak.
Di Palangka Raya kita juga mendirikan Rumah Sakit Lapangan yang berada di Area Rumah Sakit TNI AD  tingkat IV Palangka Raya dan di Makorem102/Pjg, dengan tujuan apabila Rumah Sakit sudah tidak sanggup menampung maka pasien yang OTG dan bergejala ringan dapat dirawat di Rumah Sakit Lapangan tersebut.

(Penrem)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here