Palangka Raya Expos55.com Akibat curah hujan tinggi yang terjadi beberapa hari terakhir di wilayah Kota Palangka Raya dan sekitarnya mengakibatkan daerah kecamatan atau kelurahan di kota setempat terendam banjir.

Banjir yang terjadi di Palangka Raya secara umum menimpa beberapa wilayah terutama yang berada di daerah bantaran DAS Kahayan dan Rungan salah satunya yaitu Kecamatan Pahandut dan 4 kelurahan di wilayah ini terendam banjir.

Danramil 1016-01/Pahandut, Mayor Inf Rudiyanto mengungkapkan berdasarkan laporan dari anggotanya yang berada di lapangan, untuk wilayah Kecamatan Pahandut hanya ada 2 kelurahan saja yang tidak terjadi banjir.

“Kelurahan itu yakni Tumbang Rungan, dan Panarung. Sedangkan Kelurahan Pahandut Seberang, Langkai, Pahandut, dan Panarung semuanya terendam banjir,” ungkapnya, Minggu (14/11/2021).

Dia menjelaskan, pada dasarnya kondisi banjir yang terjadi di Kecamatan Pahandut tergolong aman. Akan tetapi beberapa rumah warga masyarakat yang ada di 4 Kelurahan tersebut sudah ada yang terendam.

Seperti di Kelurahan Pahandut Seberang tinggi air yakni mencapai 20-40 cm dan merendam rumah sekitar 100 KK. Sedangkan di Kelurahan Langkai ketinggian air mencapai 20 cm dan merendam rumah sebanyak 150 KK.

Kemudian di Kelurahan Pahandut ketinggian air di wilayah ini mencapai 40 cm dan ada sekitar 70 KK rumah yang terendam. Serta di Tanjung Pinang tinggi air mencapai 20-40 cm, namun rumah yang terendam hanya ada 3 KK.

Dirinya mengimbau kepada masyarakat di wilayah yang terdampak banjir tersebut agar tetap waspada terhadap berbagai kemungkinan potensi musibah yang terjadi seperti salah satunya sengatan listrik.

Selanjutnya, apabila memang kondisi sudah tidak memungkinkan atau air mengalami kebaikan agar segera atau bersiap melakukan plening evakuasi ke area yang lebih tinggi serta memantau kondisi lingkungan setiap saat.

“Yang paling penting tetap taati ptotokol kesehatan karena wilayah kita saat ini masih melaksanakan PPKM, jangan sampai Covid-19 di Palangka Raya secara umum melonjak lagi,” tandasnya. (MC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here